Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

Thursday, March 8th, 2018 - Kesehatan
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

Selamat datang di situs panduan cara, tempat dimana kami mengulas beragam cara informasi terkait cara menghitung dari berbagai ilmu juga cara melakukan berbagai hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan benar.

Keluarga baru sering kali ingin segera mendapatkan momongan atau anak. Untuk itu, kita perlu tahu mengetahui cara menghitung hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk mengetahui kehamilan sang istri yang bisa digunakan untuk menghitung perkiraan tanggal persalinan

Kandungan-Hamil Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

Cara Perhitungan Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

  1. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Pada kehamilan dalam istilah trimester 1 adalah masa kehamilan dengan usia kandungan 0-12 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir. Menggunakan usia kehamilan itu bisa diketahui tanggal taksiran persalinan dengan memakai rumus Naegele, caranya:

  • Tanggal HPHT ditambah 7
  • Bulan dikurangi 3
  • Tahun ditambah 1

Contoh perhitungan misalnya tanggal HPHT adalah 1-4-2017, maka TP-nya adalah (1+7=8) / (4-3=1) / (2011+1=2012). Hasilnya menjadi = 8-1-2018 (sesuai dengan usia kehamilan 40 minggu)

Tentukan hari pertama menstruasi terakhir. Angka ini dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (LMP = Last Menstrual Periode).

Jika HPHT Ibu ada pada bulan Januari – Maret

Rumusnya: (Tanggal + 7 hari), (bulan + 9), (tahun + 0).

Misal, HPHT 10 Januari 2010, maka perkiraan lahir (10+7), (1+9), (2010 + 0) = 17-10-2010 atau 17 Oktober 2010.

Jika HPHT Ibu ada pada bulan April – Desember

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Rumusnya: (Tanggal + 7 hari), (bulan – 3),(Tahun + 1).

Misal, HPHT 10 Oktober 2010, maka perkiraan lahir (10 + 7), (10 – 3), (2010 + 1) = 17-7-2011 atau 17 Juli 2011.

Catatan:

Rumus ini hanya bisa diterapkan pada wanita yang daur haidnya teratur, yakni antara 28-30 hari.

Perkiraan tanggal persalinan sering meleset antara 7 hari sebelum atau setelahnya. Hanya sekitar 5% bayi yang akan lahir sesuai perhitungan ini.

Untuk mengurangi kemungkinan terlalu melesetnya perhitungan pada wanita yang daur haidnya pendek, akan ditambahkan beberapa hari dari hari-H. Sedang yang daur haidnya panjang, akan dikurangi beberapa hari.

Menggunakan perhitungan itu, ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan, seperti banyak yang bingung mengenai hal tersebut karena jika dihitung waktu kehamilan adalah 40 minggu atau 10 bulan jika dihitung dari HPHT. Padahal pembuahan baru dilakukan kurang dari 2 pekan setelah haid.

Akan tetapi sebenarnya usia kehamilan sebenarnya menurut rumus Naegele adalah 9 bulan 10 hari. Persalinan dilakukan dari 38-42 pekan atau lebih cepat 2 pekan dari tanggal TP.

“Bagaimana mungkin saya sekarang sudah hamil 10 pekan, padahal kami baru menikah 2 bulan?”

Hal ini biasanya terjadi setelah menikah dimana seorang istri belum haid lagi karena langsung terjadi pembuahan maka tanggal HPHT yang digunakan adalah sebelum menikah. Itu artinya bukan berarti kehamilan terjadi sebelum menikah.

Di trimester 1 terjadi perubahan fisik akibat dari perubahan hormonal, selain itu psikis dari calon ibu pun juga ikut mengalami perubahan sehingga tidak jarang justru membuat berat badan menurun pada fase ini.

Kemudian pembentukan organ vital janin juga mulai berubah dan disarankan para ibu hamil tetap mengkonsumsi makanan bergizi meskipun sedang mual karena itu sangat penting bagi janin.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Contoh Perhitungan HPHT

  1. Contoh : HPHT nya 20 Mei 2012

maka tafsiran persalinan adalah :

Hari : 20 + 7 = 27

Bulan : 5 – 3 = 2

Tahun : 2012 +1 = 2013

jadi perkiraan nya 27 Februari 2013

  1. Contoh : HPHT nya 28 Januari 2013

maka tafsiran persalinan adalah

Hari : 28 + 7 = 35

Bulan : 1 + 9 = 10

Tahun : tetap 2013

Karena bulan Oktober hanya sampai tanggal 31 jadi 4 hari sisanya masuk pada bulan berikut jadi perkiraan persalinannya 4 November 2013.

Ibu-Hamil Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

  1. Menghitung Usia Kehamilan Gerakan janin

Perlu untuk diketahui bahwa pada kehamilan pertama gerakan janin mulai terasa setelah kehamilan memasuki usia 18-20 minggu. Sedangkan pada kehamilan kedua dan seterusnya, gerakan janin sudah terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.

  1. Menghitung Usia Kehamilan Tinggi puncak rahim

Biasanya, dokter akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, ini menunjukkan usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu.

Cara-Perhitungan-Persalinan Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan

Perlu dietahui, ukuran maksimal adalah 36 cm dan tidak akan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu. Kalaupun tingginya bertambah, kemungkinan yang akan dialami adalah janin Anda besar, kembar, atau cairan tubuh Anda berlebih.

  1. Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan 2 jari tangan

Pengukuran dengan menggunakan 2 jari tangan ini hanya bisa dilakukan jika ibu hamil tidak memiliki berat badan yang berlebih. Caranya; letakkan dua jari Anda diantara tulang kemaluan dan perut. Jika jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim masih di bawah pusar, maka setiap penambahan 2 jari berarti penambahan usia kehamilan sebanyak 2 minggu.

  1. Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan ultrasonografi (USG)

Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Kata kunci pencarian :, menghitung taksiran persalinan (tp), cara menghitung taksiran persalinan dan usia kehamilan, cara menghitung usia kehamilan dan taksiran persalinan, rumus HPHT, contoh soal dan penyelesaian ttg menghitung usia kehamilan, Cara menghitung tafsiran persalinan, pertanyaan seputar materi menentukan usia kehamilan, perkiraan peeaalinan, perhitungan perkiraan persalinan, penghitungan usia kehamilan dan taksiran persalinan,
Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Persalinan | adminpc | 4.5
Loading...
loading...