Cara Menghitung Tagihan Listrik per Bulan 2018

Sunday, January 7th, 2018 - Umum
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Tagihan Listrik per Bulan 2018

Selamat datang kembali di panduancara, situs yang membahas berbagai macam informasi terkait cara mulai dari ilmu hingga pengetahuan umum yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari dan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung tagihan listrik per bulan tahun 2018.

Listrik saat ini sudah bisa menjadi salah kebutuhan pokok masyarakat perkotaan. Ketergantungan akan listrik ini dipicu dengan dibutuhkannya pasokan energi listrik itu dalam menjalankan berbagai peralatan dan juga gadget. Saat ini bahkan berbagai tempat, mulai dari tempat wisata, kafe dan layanan transportasi telah memberikan layanan soket listrik dalam menarik minat para pelanggan.

Di Indonesia, pemberi layanan listrik hanya dikuasai oleh negara, dengan perusahaan PLN. Namun PLN ini ternyata tidak menjangkau seluruh wilayah di Tanah Air, ada beberapa tempat yang masih belum memiliki pasokan listrik, terutama di daerah pinggiran.

Pada pelayanan listrik sendiri, kita sering mendengar nama meteran KWH pada listrik khususnya dari PLN. Alat ini berfungsi untuk menghitung pemakaian daya listrik dalam satuan kilowatt per hours (KWH) atau biasa juga disebut dengan satuan seribu watt per jam. Data pemakaian listrik per kilowat itu yang menjadi acuan bagi PLN membebankan biaya listrik kepada pelanggan. Namun setiap pelanggan membayarkan uang per kilowat yang juga berbeda-beda tergantung paket meter yang digunakan, misal seperti listrik 900 watt dan listrik meter 4300 wat memiliki biaya per kilowat yang berbeda.

Cara-Menghitung-Tagihan-Listrik-PLN Cara Menghitung Tagihan Listrik per Bulan 2018

Lalu berapa pemakaian listrik kita setiap bulannya dan bagaimana cara menghitung yang benar. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menghitung pemakaian listrik yang benar dan akurat. Berikut penjelasannya :

  • Untuk dapat menghitung berapa pemakaian listrik anda sebulan, pertama anda harus mencatat peralatan listrik apa saja yang anda gunakan.
  • Catat juga berapa besar daya listrik dari masing-masing peralatan listrik tersebut dalam satuan Watt. Biasanya besar daya listrik sudah tertera pada masing-masing peralatan listrik yang kita miliki.
  • Lalu anda juga harus mencatat berapa lama kira-kira peralatan listrik tersebut anda nyalakan dalam satuan jam.

Setelah kita mendapatkan data dari beberapa hal diatas, selanjutnya kita mulai melakukan perhitungan.

Contoh

Jika di rumah kita memiliki berbagai peralatan listrik terpasang, antara lain :

  •    Lampu untuk penerangan sebanyak 10 buah Lampu dengan daya masing-masing 30 watt
  •    Pendingin ruangan (AC) sebanyak 2 unit dengan daya masing-masing 1 PK (1 pk = 1 tenaga kuda, sama dengan 750 watt).
  •    1 set Televisi dan digital parabola sebesar 100 watt.
  •    1 unit setrika 300 watt.
  •    1 unit mesin cuci 350 watt.
  •    1 unit Lemari es 300 watt.
Rumus Cara Lain:   Panduan Pendaftaran CPNS - Cara Mengganti Instansi Terpilih di SSCN.BKN.GO.ID

Rincian lama pemakaian masing-masing alat listrik dalam satu hari :

  • 10 buah Lampu menyala dari jam 18.00 sampai dengan 06.00, berarti lama pemakaian adalah : 12jam

Maka total kwh 10 buah lampu adalah : 10 buah x 30 watt x 12 jam = 360 watt

  • 2 buah pendingin ruangan (AC) menyala dari jam 12.00 sampai dengan 24.00, berarti lama pemakaian adalah : 12jam

Maka total kwh 2 unit pendingin ruangan (AC) adalah : 2 unit x 750 watt x 12 jam =18.000 watt

Cara menghitung kebutuhan AC

  • Televisi dan digital parabola menyala dari jam 06.00 sampai dengan 22.00, berarti lama pemakaian adalah : 16jam

Maka total kwh televisi dan digital parabola adalah : 1 set x 100 watt x 16 jam = 1.600 watt

  • Setrika dipakai setiap hari selama 2 jam

Maka total kwh setrika adalah : 1 unit x 300 watt x 2 jam = 600 watt

  • Mesin cuci dipakai setiap hari selama 2 jam

Maka total kwh mesin cuci adalah : 1 unit x 350 watt x 2 jam = 700 watt

  • Lemasi es menyala sepanjang hari , atau selama 24 jam

Maka total kwh lemari es adalah : 1 unit x 300 watt x 24 = 7200 watt

Total daya listrik yang kita pakai setiap harinya adalah :

360 watt + 18.000 watt + 1.600 watt + 600 watt + 700 watt + 7200 watt = 28.460 watt.

Karena nilai daya listrik total yang kita butuhkan adalah dalam satuan KW (1.000 Watt), maka untuk mendapatkan nilai KWH , maka hasil total daya diatas harus dibagi 1000.

Maka 28.460 watt dibagi 1000 sama dengan 28,46 KW

Dari contoh pemakaian listrik di atas, kita mendapat perhitungan bahwa pemakaian daya listrik yang didapat dari perhitungan per hari adalah 28,46 KWH.

Berdasarkan pada perhitungan pemakaian daya di atas, kita akan dapat menghitung berapa biaya tagihan listrik yang harus dibayarkan oleh pengguna listrik berdasarkan pengkalian total KWH dengan TDL (tarif dasar listrik) yang terpasang.

Bila tarif dasar listrik dengan daya 1300 watt adalah Rp 1.410

Maka biaya tagihan listrik anda sehari adalah : 28,46 kwh x Rp 1410 = Rp 40.128,6 per hari.

Setelah kita mendapatkan dapat biaya pemakaian listrik per hari, maka kita dapat melakukan perhitungan pemakaian listrik dalam sebulan.

Jika sebulan adalah 30 hari, maka biaya listrik sehari tadi dikali dengan 30 hari.

Jika dalam sebulan pemakaian listrik Anda sesuai atau sama dengan perhitungan pemakaian setiap harinya, maka tagihan listrik Anda sebulan adalah :

Rp 40.128,6 x 30 hari = Rp 1.203.858

Jadi biaya tagihan listrik per bulan menurut perhitungan tersebut sebesar Rp 1.203.858.

Cara-Menghitung-Tagihan-Listrik-per-bulan Cara Menghitung Tagihan Listrik per Bulan 2018

Cara Cek Tagihan Listrik

Itulah cara perhitungan biaya pemakaian listrik. Namun tidak sering biaya pemakaian dengan yang kita perhitungkan memiliki nilai yang berbeda. Karena itu kami juga sampaiakan cara cek tagihan listrik PLN melalui beberapa cara agar para pelanggan dapat melihat berapa biaya tagihan listrik yang butuh mereka bayarkan tanpa perlu mendatangi kantor PLN.

Rumus Cara Lain:   Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Baca Juga : cara menghitung bunga pinjaman

Cara Cek Tagihan Listrik via Telepon

Berikutnya cara cek tagihan listrik adalah dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini terbilang mudah, Anda tinggal menghubungi customer service PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik. Lakukan panggilan ke call centre PLN di 123, jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Jakarta, berarti telepon ke (021)-123. Kemudian ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Cara ini bisa Anda lakukan kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.

Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

Selain lewat telepon, Anda juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini. Pertama cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan. Kedua cek tagihan secara continue. Artinya, Anda akan berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan listrik. Ringkasnya caranya adalah sebagai berikut.

   Cara cek tagihan listrik per bulan

Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

   Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

   Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Catatan. Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Website

Terkadang Anda merasa was-was berapa ya tagihan listrik di rumah bulan ini? Apakah akan membengkak atau sama dengan bulan kemarin. Untuk mengetahuinya cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengecek tagihan listrik lewat website. Apa bisa? Tentu bisa. Karena website untuk mengecek tagihan listrik PLN terintegrasi dengan data yang ada di PLN.

Salah satu situs untuk cek tagihan listrik PLN adalah www.cekbill.com. Ini merupakan situs mengecek beberapa informasi lewat website, salah satu fiturnya adalah cek tagihan listrik PLN. Caranya mudah,

  •    Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman
  •    Masukan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan.
  •    Masukan kode captcha untuk verifikasi
  •    Selanjutnya klik Cek Tagihan
  •    Tagihan listrik Anda akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

Cara lain untuk mengecek tagihan listrik adalah lewat ponsel berbasis iOS. Bagi Anda pengguna Apple, ada beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik. Misalnya, PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan. Semuanya dapat diunduh gratis pada ponsel Anda.

Salah satu aplikasi cek tagihan listrik PLN populer yang banyak digunakan oleh pengguna iOS adalah PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi bisa juga digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progress permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile cukup mudah, lengkapnya adalah sebagai berikut.

  •    Pilih menu Informasi pada tab menu
  •    Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  •    Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda
  •    Klik Cari
  •    Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Android

Tak perlu khawatir, bukan hanya pengguna iOS saja yang bisa cek tagihan listrik lewat gadget mereka, pengguna Androin juga bisa. Bahkan, aplikasi yang tersedia di Android untuk mengecek tagihan listrik lebih banyak dibandingkan iOS. Namun lebih baik gunakan aplikasi resmi dari PT PLN, PLN Mobile for Android.

Cara pertama yang harus dilakukan untuk cek tagihan listrik lewat gadget berbasis Android adalah unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play. Setelah itu lakukan langkah berikut.

  •    Pilih menu Informasi pada tab menu
  •    Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  •    Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda
  •    Klik Cari
  •    Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Itulah informasu yang dapat kami sampaikan terkait cara menghitung tagihan listrik per bulan dan juga cara mengecek biaya tagihan listrik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, sampai bertemu pada ilmu lainnya.


Kata kunci pencarian :, cara menghitung tagihan listrik dari meteran, biaya listrik ac 1/2 pk per bulan 2018, cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter 2018, cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter, https://panduancara com/menghitung-tagihan-listrik/, cara hitung daya listtik 900 th 2018, biaya listrik per bulan daya 1300 tahun 2018, Cara menghitung biaya listrik air telepon, menfhitung penggunaan listrik 2018, cara menghitung pembayaran listrik per bulan,
Cara Menghitung Tagihan Listrik per Bulan 2018 | adminpc | 4.5
Loading...
loading...