Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Saturday, February 3rd, 2018 - Matematika
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang paling penting. Karena pada matematika ini kita bisa melakukan berbagai perhitungan, mulai dari transaksi jual beli hingga perhitungan cara kerja suatu alat. Pada panduan cara kali ini, kita kembali membahas matematika dasar, yaitu cara menghitung pembagian dengan mudah dan benar.

Pembahasan matematika dasar pembagian ini merupakan dasar dari dasar ilmu matematika sendiri yang dipelajari sejak bangku sekolah dasar atau SD dan terus berguna bahkan hingga ke perguruan tinggi. Meski ini merupakan salah satu dasar materi ilmu matematika, kebanyakan siswa sekolah dasar yang mempelajarinya akan kesulitan dalam melakukan pembagian ini. Pembagian adalah operasi aritmetika dasar yang merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Operasi pembagian ini dinotasikan dengan tanda (÷) (division) atau / (slash).

Pembagian sendiri lawan dari perkalian. Konsep pembagian adalah pengurangan berulang oleh bilangan pembagi sampai sisanya 0. Banyaknya bilangan pembagi merupakan hasil pembagian. Misalnya 18:2=18-2-2-2-2-2-2-2-2-2=0, jadi 18:2=9.

Bila operasi perkalian bisa dijabarkan sebagai c kali b sama dengan a pada rumus di bawah ini;

c x b = a

namun pada nilai b tidak boleh angka nol, maka operasi pembagian adalah a dibagi b sama dengan c yang seperti pada rumus di bawah ini;

a / b = c.

Dalam penulisannya sendiri, pembagian sering ditulis dengan menempatkan pembilang di atas penyebut dengan garis horisontal di antara pembilang dan penyebut tersebut.

cara-menghitung-pembagian Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Untuk menulis perbagian dalam satu garis sering kali digunakan garis miring untuk menggantikan garis horisontal.

a / b

Penulisan ini biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman komputer, karena memudahkan penulisan. Dalam aritmetika perbagian sering ditulis dengan menggunakan tanda ÷

a ÷ b

Ada beberapa cara dalam menentukan hasil pembagian, salah satunya adalah dengan cara pembagian susun. Metode pembagian ini sedikit berbeda dibandingkan pembagian pada umumnya karena cara ini akan terlihat lebih panjang namun hasilnya lebih akurat.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Mean, Median, Modus

Misal mengerjakan soal 3.780 : 12 = …….

Bilangan pembagi adalah 12

Pembagian susun;

PEMBAGIAN-SUSUN-1 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Karena Bilangan Pembagi adalah 12, maka buatlah perkalian 12×1 sampai 12×9 seperti di bawah ini:

12 x 1 = 12

12 x 2 = 24

12 x 3 = 36

12 x 4 = 48

12 x 5 = 60

12 x 6 = 72

12 x 7 = 84

12 x 8 = 96

12 x 9 = 108

Sebenarnya penjabaran di atas juga bisa terus dilanjutkan hingga menemukan angka perkalian 12 dengan hasil 3.780 yang tentu saja akan memakan banyak waktu.

Bisa dilihat bahwa 12 terdiri atas dua angka, maka pada bilangan yang dibagi juga ambil dua angka terlebih dahulu, berarti 3780 ambil bilangan 37 terlebih dahulu, (kecuali bila dua angka tersebut masih lebih kecil nilainya dari bilangan pembagi, maka diambil tiga angka, misal 378).

Karena pada contoh diatas 37 lebih besar dari 12 maka kita cukup ambil dua angka 37 saja seperti di bawah ini :

_______

12 / 3 7 8 0

Kita cari angka 37 pada hasil perkalian diatas, ternyata tidak ada, maka kita ambil angka dibawah 37 ada…. yaitu angka 36 (12 x 3) maka angka 36 kita tulis dibawah angka 37, dilanjutkan dengan pengurangan kebawah 37 – 36 = 1, tulis angka 1 dibawah angka36 .

Karena 36 adalah 12 x 3 maka hasil angka pertama adalah 3

PEMBAGIAN-SUSUN-2 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Setelah menemukan angka itu, kita lanjut ke angka 8 turun mendampingi angka 1 jadi angka 18 seperti ini :

PEMBAGIAN-SUSUN-3 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Selanjutnya dengan mencari angka 18 pada hasil perkalian di atas, ternyata tidak ada juga, maka kita ambil angka di bawah 18 yaitu angka 12 (12 x 1), tulis angka 12 di bawah angka 18 dan sambil langsung hitung pengurangan ke bawah 18 – 12 = 6, tulis angka 6 di bawah angka 12. Karena 12 adalah hasil dari 12 x 1, maka hasil angka kedua adalah angka 1, angka sekarang menjadi 31.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Diagram Lingkaran

PEMBAGIAN-SUSUN-4 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Dari hasil di atas, tertinggal angka no dari angka 3789 yang akan diturunkan untuk mendampingi angka 6 dan menjadi angka 60

PEMBAGIAN-SUSUN-5 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Dari angka 60 itu dicari apa ada satu perkalian dari angka 12, dan ternyata ada, lalu langsung saja tulis saja dibawah angka 60 yang telah ada dan langsung hitung pengurangan kebawah dengan hasil 0 (habis perkara kebawah!) seperti ini :

PEMBAGIAN-SUSUN-6 Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah

Jadi hasil dari 3780 : 12 = 315

Namun bila angka terakhir dari bilangan yang dibagi masih menyisahkan angka, maka pembagian susun ini masih terus dilanjutkan dengan menambah angka nol dari penurunan angka memberikan bilangan desimal pada hasil pembagian. Misal bila kita melakukan pembagian dari 378 : 12 maka hasil yang didapat adalah 31,5.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan terkait pembagian dalam pelajaran matematika. Semoga ilmu ini dapat membantu dan menambah wawasan para pembaca, sampai jumpa di panduan cara selanjutnya.


Kata kunci pencarian :, rumus pembagian, cara menghitung pembagian, soal pembagian, Contoh pembagian, Cara hitung pembagian, Contoh soal pembagian, Rumus bagi kurung, rumus pembagian matematika, rumus matematika pembagian, cara menghitung bagi kurung,
Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah | adminpc | 4.5
Loading...
loading...