Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Monday, January 1st, 2018 - Kesehatan
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Memprediksi atau memperkirakan dan menghitung masa subur wanita setelah haid adalah salah satu cara termudah untuk memaksimalkan dalam keberhasilan memiliki anak atau keturunan. Maka, dalam merencanakan kehamilan perlu adanya catatan periode haid.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara menghitung masa subur wanita, perlu diketahui mengenai apa yang dimaksud dengan siklus haid atau menstruasi.

Siklus haid atau menstruasi adalah rentang hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Dimana siklus haid yang nomal adalah setiap 21 hingga 35 hari, rata-rata wanita memiliki sklus menstruasi selama 28 hari. Hari ke-satu pada siklus haid adalah hari pertama haid terjadi. Diantara siklus menstruasi ini terdapat masa paling subur wanita. Jika terjadi pembuahan (saat sel telur bertemu sperma) di masa subur wanita ini, maka kehamilan pun terjadi. Namun, jika pembuahan tidak terjadi, sel telur wanita pun akan meluruh dan keluar dari vagina dalam bentuk darah. Inilah mengapa wanita setiap bulan pasti mengalami menstruasi. Setiap bulan setidaknya wanita akan melepaskan satu sel telur.

Kapan Haid Terjadi?

Haid dimulai pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah, keluar dari vagina. Pada masa haid, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, peristiwa ini disebut ovulasi.

Kapan Ovulasi Terjadi?

Umumnya ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama haid. Sebenarnya, hari ketika terjadi ovulasi bergantung pada siklus haid Anda. Jika siklus Anda pendek, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah haid berakhir. Jadi, waktu ovulasi bisa berbeda pada tiap wanita. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui siklus haid Anda agar dapat memperkirakan waktu ovulasi.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Denyut Nadi Yang Benar

Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

Pada umumnya, masa subur wanita adalah sekitar saat masa ovulasi (ketika ovarium melepaskan sel telur). Kapan ovulasi terjadi? Ovulasi terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Rata-rata masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi, jika siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Lima hari sebelum ovulasi dan satu hari di mana ovulasi terjadi, merupakan masa paling subur wanita. Ingat, sperma hanya bisa bertahan hidup selama 5 hari dan sel telur bisa bertahan hidup hanya satu hari. Kemungkinan untuk hamil pada wanita meningkat jika Anda berhubungan seksual 2 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan, dan kemudian 12 sampai 24 jam setelah itu. Berhubungan seksual pada saat ini merupakan peluang besar untuk cepat hamil.

tabel-cara-menghitung-masa-subur Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari

Apabila wanita yang siklus haidnya teratur yaitu 28 hari maka cukup mengurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 hari dan sudah bisa didapatkan masa suburnya.

Sebagai contoh misalnya hari pertama haid adalah tanggal 3 Mei. Berikutnya tambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama haid anda selanjutnya.

Contoh 3 + 28 = 31.

Hasilnya, hari pertama haid anda berikutnya adalah tanggal 31 bulan Mei tersebut.

Untuk mengetahui masa subur cukup kurangi 31 dengan 14 dan ketemulah masa subur anda. 31 – 14 = 17 sehingga didapatlah hari di mana anda berada dalam keadaan subur yakni tanggal 17 bulan Mei.

Gambar-Hitungan-Masa-Subur-Wanita Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Pada tanggal 17 tersebut adalah puncak masa subur karena pada waktu itulah anda berada dalam keadaan yang paling subur. Sedangkan pada 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur tersebut adalah masa subur biasa.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Dengan demikian masa subur dalam seminggu adalah 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20. Khusus untuk tanggal 17 adalah puncak masa subur.

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur

Sementara itu untuk menghitung masa subur bagi wanita yang siklus haid tidak teratur sedikit susah karena harus tahu siklus haid selama 6 bulan terakhir. Kemudian tinggal kurangi siklus haid terpendeknya dengan 18 dan hasilnya yaitu hari pertama masa suburnya dan kemudian kurangi siklus haid terpanjangnya dengan 11 dan hasilnya adalah hari terakhir masa suburnya.

Rumus-Hitungan-Masa-Subur-Wanita Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Sebagai contoh misalnya selama 6 bulan terakhir berturut-turut yaitu 27, 31, 28, 29, 30 dan 26. dalam siklus haid selama 6 bulan terakhir tersebut maka masa subur anda adalah :

Hari pertama masa subur : 26 – 18 = 8
Hari terakhir masa subur : 31 – 11 = 20

Itu artinya masa subur anda adalah pada tanggal hari ke-8 dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-20. Dengan begitu apabila anda haid pada tanggal 3 Maret, maka hari pertama masa subur anda adalah pada tanggal: 3 + 8 = 11 dan hari terakhir masa subur anda adalah tanggal: 3 + 20 = 23.

Menentukan Masa Subur Dengan Test Pack Kesuburan

Cara paling mudah dan praktis untuk mengetahui dan menentukan masa subur wanita adalah dengan alat test pack kesuburan. Cara ini sangat cocok bila dipakai untuk wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur sehingga hasil yang didapat lebih akurat.

Ovutest-Salah-satu-produk-test-pack-masa-subur-wanita Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Keakuratan dalam cara ini bisa mencapai 95 persen dibandingkan cara sebelumnya terutama bagi yang memiliki siklus haid tidak teratur. Umumnya cara menggunakannya cukup mudah anda tinggal mencelupkan alat test pack ini ke dalam air seni anda dan tunggu sekitar 5 menit. Jika hasilnya positif (+) itu artinya anda sedang berada dalam keadaan subur, namun jika negatif (–) artinya anda belum berada dalam masa subur. Adapula alat testpack kesuburan yang tidak menggunakan air seni, melainkan menggunakan media air liur untuk menentukan masa subur.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Medis

Ada berbagai merek alat testpack kesuburan yang dijual di pasaran. Untuk mendapatkannya dapat dibeli di apotik atau toko kesehatan terdekat.


Kata kunci pencarian :, contoh hitung massa subur, contoh soal cara menghitung masa subur,
Cara Menghitung Masa Subur Wanita | adminpc | 4.5
Loading...
loading...