Cara Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

Friday, January 12th, 2018 - Properti
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

Cara mengurus IMB – Dalam mendirikan rumah atau bangunan, banyak hal yang perlu dipersiapkan secara teknis, namun ada satu hal penting yang tidak bisa diremehkan, yaitu Izin Mendirikan Bangunan atau disingkat dengan IMB.

Apa itu IMB ?

Sebelum dilakukan proses pembangunan rumah atau bangunan, terlebih dahulu diperlukan memenuhi kewajiban memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Surat IMB diproleh dari instansi beberbentuk dinas yang berada di wilayah pemerintah tingkat kota untuk setiap rencana pembangunan rumah baru, rehabilitasi ataupun renovasi. Bangunan yang dimaksud termasuk dalam IMB meliputi rumah tinggal, rumah susun, rumah ibadah hingga gedung perkantoran.

Dalam mengurus surat IMB, sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum dilakukan pelaksanaan pembangunan sehingga di masa mendatang tidak bermasalah atau melanggar peraturan daerah yang berlaku. Ketidak lengkapan dokumen properti akan menyulitkan pemilik rumah kedepannya saat ingin melakukan renovasi atau melakukan jual-beli rumah yang bersangkutan.

Dengan memiliki IMB maka anda mempunya kepastian hukum tentang bangunan yag anda dirikan, termasuk kelayakan, kenyamanan dan keamanan bangunan sesuai peraturan yang berlaku.

Akibat Bila Tidak Memiliki IMB

Beberapa kasus yang sering terjadi karena kelalaian tidak adanya IMB saat mendirikan rumah atau bangunan justru membuat repot pemilik rumah, misalnya tanpa sepengetahuannya, jalan di depan rumah akan mengalami pelebaran sebanyak 6 meter sementara rumah yang didirikan sudah hampir separuh jadi. Tentu saja pemilik harus merenovasi ulang bangunan rumahnya, hal ini sangatlah merugikan.

Mengalami kerugian waktu dan rugi biaya. Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) tentu saja juga akan malah mendatangkan keuntungan bagi sang pembilik bangunan, contohnya dia akan tahu rencana pemerintah terhadap area di sekitar bangunan rumahnya sehingga rencana pembangunan, renovasi, dan lain-lain dapat disesuaikan dengan hal tersebut. Memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) juga berpengaruh terhadap pengajuan kredit pada bank.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan dan Rata Yang Benar

Izin-Mendirikan-Bangunan Cara Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

Keuntungan Mengurus dan Memiliki IMB

Rumah atau bangunan yang telah ber-IMB memiliki kelebihan dibanding yang tidak ber-IMB, yakni;

  • Bangunan memiliki nilai jual yang tinggi
  • Jaminan Kredit Bank
  • Peningkatan Status Tanah
  • Informasi Peruntukan dan Rencana Jalan

Cara Mengurus IMB

Banyak masyarakat yang tidak mengurus IMB karena malas dengan prosedur yang dan birokrasi yang dianggap berbeli-belit sehingga merepotkan. Padahal tujuan IMB adalah menciptakan tata letak bangunan yang teratur, nyaman dan sesuai peruntukan tanah, Tata letak bangunan yang teratur nantinya akan berujung menjadi tata kota yang lebih baik.

Lalu, bagaimana cara mengurus IMB? Dalam mengurus permohonan harus disertai dengan beberapa syarat kelengkapan dokumen. Diantaranya adalah foto kopi gambar rencana dan denah, foto kopi sertifikat tanah, foto kopi KTP pemilik lahan dan bangunan, dan surat perjanjian penggunaan lahan, jika tanah bukan milik pemohon.

Proses pembuatan IMB bisa menghabiskan biaya tidak lebih dari satu juta rupiah bila diurus sendiri sesuai jalur dan waktu yang ditentukan. Proses lama waktu dalam mengurus IMB sekitar 2-3 minggu, jangka waktu pengurusan berbeda beda tergantung kebijakan daerah pengawasan setempat dan kesiapan berkas yang diperlukan.

IMB juga dapat diperbaharui jika dalam proses pembangunan mengalami perubahan signifikan atau renovasi yang berdampak dengan lingkungan, seperti perubahan fungsi dan bentuk. Perubahan yang dimaksud misalnya penambahan ruangan atau beralih fungsi (tempat tinggal menjadi ruko atau tempat usaha lain)

Mengurus IMB Tanpa Bantuan Jasa Calo

1. Mengambil formulir pengurusan IMB di Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat

2. Mengisi formulir dan ditanda tangani di atas materai oleh pemohon.

3. Formulir dilegalisir kelurahan dan kecamatan tempat bangunan akan didirikan.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Luas Bangunan

4. Melengkapi lampiran-lampiran yang diperlukan masing-masing 3 rangkap, antara lain:

  • Gambar Denah, tampak (minimal 2 gambar), potongan (minimal 2 gambar), rencana pondasi, rencana atap, rencana sanitasi dan site plan.
  • Gambar Konstruksi beton serta perhitungannya.
  • Gambar konstruksi baja serta perhitungannya.
  • Hasil penyelidikan tanah serta uji laboratorium mekanika tanah untuk bangunan berlantai 2 atau lebih.
  • Surat keterangan kepemilikan tanah/sertifikat HM (Hak Milik) / HGB (Hak Guna Bangunan).
  • Surat persetujuan tetangga, untuk bangunan berhimpit dengan batas persil.
  • Surat kerelaan tanah bermaterai Rp.6000 dari pemilik tanah yang diketahui oleh Lurah serta camat, apabila tanah bukan milik pemohon.
  • Surat Perintah Kerja (SPK) apabila pekerjaan diborongkan.
  • Ada izin usaha (HO) untuk bangunan komersial
  • Ada izin prinsip dari pejabat Kepala Daerah bila lokasi bangunan menyimpang dari Tata Ruang Kota.

5. Formulir yang sudah diisi beserta kelengkapan lampiran diserahkan ke PU.

6. Pemohon akan diberitahu apakah permohonan izin bangunan disetujui atau tidak

Cara Mengurus IMB Secara Online

Prosedur mengurus IMB via online

Kini, pelayanan pembuatan IMB bisa dilakukan secara online atau tidak perlu datang langsung ke kantor Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) setempat. Semua pendaftaran akan dilakukan secara online melalui www.dppb.go.id.

Sistem ini menghubungkan Dinas dengan Suku Dinas P2B hingga tingkat kecamatan. Pemohon tinggal memilih menu IMB rumah tinggal atau non-rumah tinggal. Setelah itu, masukkan lampiran data berupa gambar bangunan yang dimaksud. Pengisian data harus lengkap, karena jika tidak, permohonan akan tertolak. Selanjutnya, pemohon membayar retribusi ke Bank DKI terdekat. Setelah membayar, buktinya dipindai lalu dikirim.

Sistem IMB online ini diterapkan mulai 1 Februari 2014, dan diharapkan dapat menekan praktik pencaloan yang marak terjadi. Untuk menghindari celah bagi pembuat IMB palsu, verifikasi dokumen akan dilakukan saat pemohon mengambil sertifikat IMB di masing-masing kecamatan, yaitu setelah pemohon selesai membayar retribusi pembuatan IMB.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung RAB Rumah

Kata kunci pencarian :, contoh pengisian imb, contoh imb, Apa itu njop imb, contoh IMB gambar jelas, contoh pengisian blanko IMB yg benar, potongan atap berhimpit,
Cara Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan | adminpc | 4.5
Loading...
loading...