Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis

Friday, January 12th, 2018 - Matematika
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis

Salah satu program yang paling sering digunakan pada komputer adalah Microsoft Word dan Excel. Word memiliki kegunaan untuk mengetik berbagai hal, mulai dari catatan hingga laporan dan skripsi. Sedangkan Excel sendiri digunakan untuk membuat tabel serta berbagai pendataan lain yang lebih rapi. Selain sebagai pembuat tabel yang praktis, Excel juga memiliki berbagai fungsi dalam membantu perhitungan, berbicara mengenai Excel sendiri, kali ini kita akan membahas cara menghitung Umur di Excel dengan menggunakan rumus.

Dalam suatu pendataan, terkadang dibutuhkan data berapa waktu yang telah ditempuh, mula data mengenai umur seorang pekerja hingga umur suatu program kegiatan. Umur itu sendiri bisa digunakan sebagai patokan menentukan berbagai hal pada lingkungan kerja, seperti menentukan bonus THR, pensiun atau berbagai hal lainnya. Karena itu kita kali ini membahas bagaimana tips dan trik cara menghitung umur di excel atau usia seorang pekerja menggunakan format YY tahun, MM Bulan dan DD hari.

Ada berbagai cara menghitung umur pada excel, diantaranya adalah;

  • Menghitung Umur di Excel dengan Fungsi DATEDIF
  • Menghitung Umur dengan Excel Fungsi YEARFRAC
  • Menghitung Umur dengan Excel Rumus Matematika Umum
  • Menghitung Umur dengan Excel Fungsi NOW

Menghitung Umur di Excel Fungsi DATEDIF

Fungsi utama dari menghitung umur atau usia kerja dengan Excel yaitu bisa membandingkan dua buah tanggal, antara tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja dengan tanggal sekarang.

Rumus Excel memiliki fungsi untuk menghitung umur atau usia kerja yaitu DATEDIF jumlah tahun, bulan dan hari antara dua tanggal adalah dengan menggunakan DATEDIF().
Syntax:

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Keliling Lingkaran

DATEDIF(start_date,end_date,unit)

Keterangan:
• start_date yaitu tanggal awal dalam hal ini adalah Tanggal Lahir atau Tanggal Hari Pertama Kerja.
• end_date yaitu tanggal akhir dalam hal ini adalah tanggal sekarang yang bisa kita ganti dengan TODAY() atau NOW()
• unit yaitu tipe unit informasi yang dibutuhkan apakah dalam tahun (Y), bulan (M), hari (D), bulan pada tahun yang sama (YM), atau hari pada bulan yang sama (MD).

Untuk argument satuan, kode yang bisa kita masukkan antara lain:

  • “Y” : Jumlah total tahun yang sudah berlalu dalam periode.
  • “M” : Jumlah total bulan yang sudah berlalu dalam periode.
  • “D” : Jumlah total hari dalam periode.
  • “MD” : Selisih antara hari dalam TglAwal dan TglAkhir. Bulan dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • “YM” : Selisih antara bulan dalam TglAwal dan TglAkhir. Hari dan tahun dari tanggal diabaikan
  • “yd” : Selisih antara hari dalam TglAwal dan TglAkhir. Tahun dari tanggal diabaikan.

Menghitung umur menggunakan rumus datedif. Cara menghitung Rumus Excel umur atau usia kerja bisa memakai cara dibawah ini :

=+DATEDIF(B6,NOW(),”Y”)&” Tahun, “&DATEDIF(B6,NOW(),”YM”)&” Bulan, “&DATEDIF(B6,NOW(),”MD”)&” Hari”

Contoh misalnya tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja dapat dibuat konstan atau tetap, sedangkan untuk Tanggal Sekarang atau Tanggal Hari Pertama Kerja bisa anda dibuat relatif dengan fungsi TODAY() atau NOW(). Unit yang digunakan untuk tujuan ini adalah Y Tahun YM Bulan dan MD Hari.

Cara-Menghitung-Umur-Di-Excel-1 Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis

Menghitung Umur dengan Excel Fungsi YEARFRAC

Menghitung umur pada excel memiliki berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan YEARFRAC untuk menghasilkan bilangan atau angka desimal yang menunjukkan periode tahun dari selisih dua tanggal.

Fungsi ini menggunakan rumus;

=YEARFRAC(TglLahir; TglSekarang;1)

Berdasarkan pada fungsi fungsi YEARFRAC diatas berarti bahwa perhitungan tahun didasarkan pada jumlah aktual pada setiap bulan diantara dua tanggal tersebut. Berikut contoh penerapannya untuk menghitung umur.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Diagram Lingkaran

Cara-menghitung-umur-dengan-excel-YEARFRAC Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis

Menghitung Umur dengan Excel Rumus Matematika Umum

Cara menghitung umur lain pada excel adalah dengan menggunakan rumus matematika umur dengan membulatkan hari dalam satu tahun sebanyak 365 hari. Cara perhitungan ini terbilang tidak tepat dibandingkan cara perhitungan lain karena hari dalam 1 tahun tidak selalu sebanyak 365 hari, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui cara dan rumus perhitungannya di excel.

Untuk menghitung umur dalam satuan tahun anda bisa membagi selisih tanggal sekarang dan tanggal lahir dengan angka 365. Dalam rumus excel seperti berikut:
=(TglSekarang – TglLahir)/365

Dan untuk mendapatkan tanggal berjalan atau tanggal hari ini kita bisa menggunakan fungsi TODAY. Sehingga rumus excelnya menjadi:

=(TODAY() – TglLahir)/365

Cara-menghitung-umur-rumus-excel-matematika Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis

 

Menghitung Umur dengan Excel Fungsi NOW

Selain tiga perhitungan sebelumnya, terdapat juga alternatif perhitungan rumus lain di Excel untuk menghitung umur atau usia kerja dengan mengurangkan tanggal sekarang dengan tanggal lahir atau tanggal pertama kerja. Meski begitu, metode perhitungan umur ini memiliki satu kelemahan, yaitu perlu mengurangi waktu 1 bulan untuk mendapatkan hasil yang tepat, dengan rumus :

NOW()-tanggal_lahir atau NOW()-tanggal_join

Output dari rumus ini akan menunjukkan sebuah tanggal yang merupakan usia dari orang tersebut dikurangi sebulan dari tahun 0.

Misalnya apabila anda mengurangkan tanggal hari ini (22-Mar-2016) dengan tanggal lahir seseorang bernama James Sunarto yang lahir pada 18-Aug-1986, maka akan menghasilkan tanggal 4-Aug-1929. Tanggal tersebut menunjukkan usia James Sunarto (dibaca dari belakang) yaitu 29 Tahun, 7 Bulan, 4 Hari.

Rumus Excel metode tersebut pada cell D6 adalah sebagai berikut:

=+TEXT(NOW()-B6,”yy “)&” Tahun, “&TEXT(NOW()-B6,”mm “)&” Bulan, “&TEXT(NOW()-B6,”dd “)&” Hari “

Cara-Menghitung-Umur-di-Excel-NOW Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis


Kata kunci pencarian :, cara menghitung umur dengan rumus matematika, cara menghitung umur secara manual, menghitung umur matematika tanggal bulan tahun, cara hitung umur di excel, cra menghitung umur secara matematis, contoh soal menentukan berapa umur menggunakan Excel, cara menghitung usia alat kerja, rumus excel menghitung umur dalam bulan, rumus excel tahun sekarang dikurang tahun di exel, Cara menghitung umur,
Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus dan Fungsi Praktis | adminpc | 4.5
Loading...
loading...