Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE)

Sunday, October 29th, 2017 - Ekonomi
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE)

Pada panduancara kali ini kita sekali lagi akan membahas mengenai bidang ekonomi. Di kesempatan kali ini, kita akan melihat cara menghitung NPV (Net Present Value). Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Net Present Value atau yang juga sering disingkat NPV, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apakah NPV itu.

Arti Net Present Value (NPV)

Pada dunia bisnis, pengertian NPV atau Net Present Value merupakan salah satu dari indikator penting yang sangat membantu dalam mengambil keputusan finansial. NPV Ini merupakan salah satu nilai bersih dari hasil pengurangan manfaat serta biaya pada tingkat suku bunga tertentu yang diperoleh dari tahun ke tahun.

NPV sendiri biasanya digunakan untuk memperkirakan apakah investasi atau pembelian yang dilakukan dalam jangka panjang lebih berguna dibandingkan dengan menyimpan uang di bank. Meski NPV lebih sering digunakan pada finansial perusahaan, namun ternyata juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Rumus Perhitungan NPV (Net Present Value)

NPV sendiri secara umum dapat dihitung dengan rumus penjumlahan (P / (1 + i)t) – C dengan setiap nilai bulat positif sampai t. t sendiri merupakan lama periode waktu, P aliran masuk kas, C adalah investasi pada awal, dan terakhir i adalah persenan diskon. Cara itu merupakan metode manual perhitungan NPV.

Cara-dan-Rumus-Perhitungan-NPV-Net-Present-Value Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE)

Namun kali ini kita akan membahas cara menghitung NPV (Net Present Value) menggunakan software pendukung, Excel agar mendapatkan hasil yang lebih mudah.

Baca Juga: Menghitung IRR (Internal Rate of Return)

Untuk mempermudah dimengerti, terdapat contoh barisan sel dari data perhitungan nilai NPV sebuah perusahaan yang didapat dari hasil analisa kelayakan finansial di tingkat suku bunga 10%. Dengan lama kegiatan usaha perusahaan sekitar 10 tahun.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Rumus-Cara-Menghitun-NPV-dengan-Excel Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE)

Pada kolom B dan C merupakan baris sel input data asli, sedangkan pada kolom D, E dan F merupakan hasil perhitungan nilai NPV. Pada sel E3 merupakan hasil yang dihitung dari nilai DF sebanyak 10 % yang terdapat pada sel E2. Hasil itu menggunakan rumus;

=1/(1+$E$2)^B3

Setelah mendapatkan nilai DF, selanjutnya adalah mendapatkan nilai pada kolom F, yang merupakan hasil kali DF di kolom E dengan pendapatan di kolom C, hasil nilai PV ini menggunakan rumus

=C3*E4

Sedangkan pada nilai NPV pada sel F14 menggunakan rumus ;

=SUM(F3:F13)

Selain menggunakan tabel yang memperlihatkan Present Value per tahunnya, kita juga dapat langsung memiliki hasil di sel F15 dengan rumus

=C3+NPV($E$2,C4:C13)

Untuk Net Present Value sendiri merupakan selisih dari uang yang didapatkan dengan uang yang dikeluarkan dengan menggunakan metode time value of money.

Rumus time value of money yang present value ini bertujuan untuk mengetahui nilai uang saat ini. Karena itulah, nilai uang yang dihitung akan diterima di masa depan dengan menggunakan metode perhitungan.

Bila… Berarti… Maka…
NPV > 0 investasi yang dilakukan memberikan manfaat bagi perusahaan proyek bisa dijalankan
NPV < 0 investasi yang dilakukan akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan proyek ditolak
NPV = 0 investasi yang dilakukan tidak mengakibatkan perusahaan untung ataupun merugi Kalau proyek dilaksanakan atau tidak dilaksanakan tidak berpengaruh pada keuangan perusahaan. Keputusan harus ditetapkan dengan menggunakan kriteria lain misalnya dampak investasi terhadap positioning perusahaan.

Contoh Kasus Perhitungan PVC

1 Joko pada hari ini melakukan peminjaman dari Budi sebanyak Rp 100 juta yang ingin diinvestasikan selama satu tahun. Untuk investasi itu, Joko memiliki tiga pilihan menanamkan modalnya,

1 Deposito selama 12 bulan dengan bunga 8 % per tahun,

2 Menggunakannya sebagai modal membeli properti rumah yang selanjutnya dikontrakkan dengan biaya 10 juta per tahun yang kemudian hari bisa dijual dengan harga Rp 150 juta,

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21

3 Membeli emas sekarang yang kemudian dijual di akhir tahun

Untuk mendapatkan pilihan investasi yang tepat dan paling menguntungkan, maka Joko harus tahu berapa nilai sekarang dari tiap pilihan investasi yang ada. Joko juga bisa melakukan analisa berapa rupiah uang yang nantinya akan diterima oleh masing-masing investasi jika diterima sekarang.

NPV sendiri merupakan hasil penjumlahan dari PV pengeluaran untuk investasi dan PV yang diterima dari hasil investasi.

Untuk menghitung Present Value, bisa menggunakan rumus;

PV = C1 / (1 + r)

C1 = Uang yang akan diterima di tahun ke-1.

r = Discount rate/ opportunity cost of capital.

Tingkat pengembalian/hasil investasi (%) dari investasi yang sebanding.

Sedangkan rumus NPV adalah :

NPV = C0 + ( C1 / (1 + r))

C0 = Jumlah uang yang diinvestasikan (karena ini adalah pengeluaran, maka menggunakan bilangan negatif).

Sedangkan cara untuk menghitung NPV Deposito, lebih mudah menggunakan discount rate (r) sebesar 4 %. Angka ini saya ambil dari tingkat bunga tabungan.

Dengan rumus itu, bisa dihitung;

NPV Deposito = (-100 jt) + (108 jt / ( 1 + 0,04 ))

= (- 100 juta) + 103,85 juta

= 3,85 juta

Hasil bila melakukan investasi deposito di Bank.

Sedangkan untuk menghitung NPV rumah, menggunakan discount rate 12 % untuk mengakomodasi tingkat resiko yang diterima.

NPV Rumah = (- 100 jt + 10 jt) + (150 jt / ( 1 + 0,12))

= ( – 90 jt) + 133,93 jt

= 43,93 jt

Bila dihitung terlihat memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan pilihan pertama deposito ke bank.

Sedangkan terakhir, pilihan membeli emas, nilai NPV menggunakan discount rate 0 % karena emas meski bisa berfungsi sebagai store value atau alat penyimpan kekayaan, namun emas tidak memberikan hasil dan tergantung harga pasar.

NPV Emas = (- 100 jt) + ( 100 Jt / (1 + 0,00)) = 0 jt

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung SHU Koperasi Simpan Pinjam

Karena itu, kali ini kita bisa mencoba menghitung harga emas 10 tahun kemudian dengan melihat contoh pasar sebelumnya; harga Oktober 1998 adalah 300 USD per ons dan harga Oktober 2008 meningkat menjadi 900 USD per ons.

Dari contoh harga pasar sebelumnya itu, didapat rata-rata harga kenaikan emas adalah 20 % per tahun.

Berpedoman itu, menghitung nilai NPV Emas adalah;

NPV Emas = ( -100 jt) + (120 jt / (1+0,00))

= (- 100 jt) + 120 jt

= 20 jt

Setiap metode tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu kita juga akan memberikan sedikit penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan cara perhitungan NPV;

Kelebihan metode NPV

1 Memperhitungkan nilai waktu dari uang,

2 Memperhitungkan arus kas selama usia ekonomis proyek,

3 Memperhitungkan nilai sisa proyek,

Kekurangan metode NPV

1 Manajemen harus dapat menaksi tingkat biaya modal yang relevan selama usia ekonomis proyek,

2 Jika proyek memiliki nilai investasi awal yang berbeda, juga usia ekonomis yang berbeda, maka NPV yang lebih besar belum menjamin sebagai proyek yang lebih baik,

3 Derajat kelayakan tidak hanya dipengaruhi arus kas, juga dipengaruhi oleh faktor usia ekonomis proyek.

Itulah informasi mengenai rumus dan cara menghitung NPV (Net Present Value) yang memang sangat dibutuhkan sebelum melakukan investasi. Keakuratan perhitungan NPV sendiri tergantung pada tingkat bunga dan arus kas di masa depan.

Semoga yang sudah disampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca dan kita bersama.


Kata kunci pencarian :, rumus npv, contoh soal npv, Cara menghitung NPV, contoh soal net present value, https://panduancara com/cara-menghitung-npv-net-present-value/, contoh soal npv dan penyelesaiannya, rumus net present value, menghitung npv, contoh soal npv investasi, contoh perhitungan npv,
Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE) | adminpc | 4.5
Loading...
loading...