Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

Saturday, November 11th, 2017 - Kuliah
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

Bagi para mahasiswa, setiap mengakhiri semester selalu mendapatkan hasil nilai yang disebut dengan Indeks Prestasi atau IP dan ada juga Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK yang jadi nilai akhir mahasiswa itu. Karena itu kita kali ini akan membahas cara menghitung IP dan IPK.

IP ini merupakan salah satu bagian penting bagi seorang mahasiswa untuk menentukan nasib mereka di kemudian hari, karena nilai IP ini sendiri bisa menjadi dasar pada perusahaan untuk menerima orang itu ketika melamar ke perusahaan mereka. Akan tetapi uniknya banyak mahasiswa yang tidak tahu atau juga belum tahu bagaimana cara menghitung IP dan IPK tersebut.

Pengertian IP dan IPK

IP dan IPK merupakan dua hal yang berbeda. IP merupakan nilai akhir yang didapat seorang mahasiswa dalam satu semester, sedangkan IPK merupakan nilai total dari seluruh mata kuliah yang telah diambil atau jumlah semester yang telah dilalui seorang mahasiswa.

Apa saja pengaruh nilai IP dan IPK?

Nilai IP akan menentukan berapa banyak SKS (sistem kredit semester) yang bias diambil pada semester selanjutnya. Sementara itu, IPK biasanya menjadi acuan untuk masuk ke dunia kerja. Umumnya, setiap perusahaan menetapkan nilai IPK minimum sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Semakin besar nilai IPK seorang mahasiswa, peluangnya untuk diterima di sebuah perusahaan juga semakin besar.

Apa yang mempengaruhi nilai IPK?

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih yang memengaruhi nilai IPK? Yang memengaruhi nilai IPK adalah nilai IP dan mutu nilai setiap mata kuliah. Semakin bagus mutu nilai setiap mata kuliah, tentu nilai IPK seorang mahasiswa akan lebih tinggi. Apalagi kalau mutu nilai bagus itu didapat pada mata kuliah berbiji nilai tinggi dan SKS yang besar. Mutu nilai itu terdiri dari A (berbiji 4), B (3), C (2), D (1), dan E (0).

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN 2018 yang Benar

Cara Menghitung Nilai IP

Untuk mencari nilai IP seseorang, kita harus menghitung terlebih dahulu berapa nilai IP yang didapat dengan cara membagi Total Nilai (TN) dengan jumlah Total SKS (TK).. Setiap mata kuliah memiliki SKS, mutu dan biji yang berbeda-beda, sebagai contoh misalnya mata kuliah z mutu nilainya A (biji 4) dan SKS 3. Jadi nilainya adalah 12.

Sementara itu, jumlah TK merupakan hasil penjumlahan dari seluruh SKS dari setiap mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa dalam satu semester. Misal, seorang mahasiswa mengambil 6 mata kuliah dalam satu semester, yaitu mata kuliah A (3 SKS), B (2 SKS), C (3 SKS), D (2 SKS), E (3 SKS), F (2 SKS). Maka TK yang diambil mahasiswa itu dalam satu semester adalah 15 SKS.

Cara-Menghitung-Nilai-IP Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

Contoh menghitung IP:

Mata kuliah z: SKS 3 dengan Skor A (4). Nilainya adalah 12 (3 x 4)

Mata kuliah y: SKS 3 dengan Skor B (3). Nilainya adalah 9

Mata kuliah x: SKS 3 dengan Skor C (2). Nilainya adalah 6

Mata kuliah w: SKS 3 dengan Skor A (4). Nilainya adalah 12

Mata kuliah v: SKS 3 dengan Skor B (3). Nilainya adalah 9

Mata kuliah u: SKS 3 dengan Skor C (2). Nilainya adalah 6

TN = 12 + 9 + 6 + 12 + 9 + 6 = 54

TK = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18

Jadi IP mahasiswa itu adalah TN (54) ÷ TK (18) = 3.00

Cara Menghitung Nilai IPK

Setelah mengetahui cara menghitung IP, kita selanjutnya melihat cara bagaimana menghitung IPK. Cara menghitung IPK lebih mudah dari IP, yaitu Total IP (TI) dibagi dengan Total Semester (TS).

 

Contoh menghitung IPK:

 

Nilai IP semester 1 = 3.00

Nilai IP semester 2 = 3.50

Nilai IP semester 3 = 3.20

Nilai IP semester 4 = 3.00

Nilai IP semester 5 = 3.50

Nilai IP semester 6 = 2.50

Nilai IP semester 7 = 2.75

Nilai IP semester 8 = 3.50

TI = 3.00 + 3.50 + 3.20+ 3.00 + 3.50 + 2.50 + 2.75 + 3.50 = 24.95

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Skor TOEFL Yang Benar

TS = 8

 

Jadi IPK mahasiswa itu adalah TI (24.95) ÷ TS (8) = 3.11

 

Demikian informasi yang sudah saya berikan tentang bagaimana cara menghitung nilai IP dan IPK, semoga semua yang saya sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda atau setidaknya dapat menambah wawasan.


Kata kunci pencarian :, cara menghitung IPK, cara menghitung ip, nilai ipk, nilai ip, cara hitung ipk, cara menghitung ips, cara menghitung nilai IP, cara menghitung Ip semester, cara hitung ip, cara ngitung ip,
Cara Menghitung Nilai IP dan IPK | adminpc | 4.5
Loading...
loading...