Cara Menghitung Laju Inflasi yang Biasa Digunakan

Sunday, October 29th, 2017 - Ekonomi
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Laju Inflasi yang Biasa Digunakan

Orang yang berkecimpung dalam bidang ekonomi pastinya tidak asing dengan istilah laju inflasi. Meski begitu, ternyata banyak yang menganggap istilah Inflasi dan IHK (Indeks Harga Konsumen) adalah sama, meski sebenarnya keduanya berbeda.

Inflasi dan IHK memiliki banyak perbedaan yang membuat para pebisnis dan para pelajar dan mahasiswa jurusan ekonomi harus benar-benar memahaminya.

Pengertian Inflasi

Dalam membahas mengenai inflasi, terlebih dahulu kita butuh mengerti apa itu inflasi dan IHK. Dalam setiap buku makro ekonomi, inflasi diartikan sebagai sebuah proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain, inflasi juga bisa berarti proses menurunnya nilai mata uang secara kontinyu. Inflasi sendiri merupakan proses peristiwa itu, bukan tinggi rendahnya tingkat harga, ini berarti tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu merupakan inflasi.

Berdasarkan keparahannya inflasi juga dapat dibedakan :

  1. Inflasi ringan (kurang dari 10% / tahun)
  2. Inflasi sedang (antara 10% sampai 30% / tahun)
  3. Inflasi berat (antara 30% sampai 100% / tahun)
  4. Hiperinflasi (lebih dari 100% / tahun)

Pengertian IHK

Ada juga inflasi yang dihitung berdasarkan pada Indeks Harga Konsumen (IHK), Indeks Biaya Hidup, Indeks Harga Produsen (IHP) dan berbagai indikasi lainnya.

Sedangkan IHK merupakan metode yang digunakan untuk menghitung harga rata-rata barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga. Dalam perhitungan IHK, ada 7 kelompok jenis perhitungan, yaitu bahan makanan (makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau), perumahan, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olahraga, transportasi dan komunikasi.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

IHK adalah indeks yang sering dipakai namun bukanlah satu-satunya indeks yang dipakai untuk mengukur laju inflasi. Masih ada indeks yang dapat digunakan yakni indeks Harga Produsen (IHP), yang mengukur harga sekelompok barang yang dibeli perusahaan (produsen bukannya konsumen).

Dengan kedekatannya pada perhitungan inflasi, membuat berbagai indikasi yang ada pada IHK membuat banyak yang salah mengartikan inflasi dan IHK sebagai satu hal yang sama.

Penyebab Inflasi

  1. Tarikan permintaan (Demand pull inflation)

 

Bertambahnya permintaan terhadap barang dan jasa menyebabkan bertambahnya permintaan faktor-faktor produksi. Meningkatnya permintaan terhadap produksi menyebabkan harga faktor produksi meningkat. Jadi, inflasi terjadi karena kenaikan dalam permintaan total sewaktu perekonomian yang bersangkutan dalam situasi full employment . Inflasi yang ditimbulkan oleh permintaan total yang berlebihan sehingga terjadi perubahan pada tingkat harga dikenal dengan istilah demand pull inflation.

 

  1. Desakan biaya (Cost push inflation)

Inflasi ini terjadi akibat meningkatnya biaya produksi (input) sehingga mengakibatkan harga produk-produk (output) yang dihasilkan ikut naik.

 

Teori-teori Infasi

  1. Teori Kuantitas (Irving Fisher)

Inflasi diakibatkan oleh dua faktor, yaitu

  1. jumlah uang yang beredar;
  2. psikologi (harapan) masyarakat mengenai kenaikan harga di masa mendatang.

 

  1. Teori Keynes

Inflasi terjadi karena:

  1. keinginan masyarakat untuk hidup di luar batas kemampuan ekonominya;
  2. adanya perebutan rezeki antarkelompok.

 

Penyebab inflasi ialah:

  1. kekakuan (ketidakelastisan) penerimaan ekspor;
  2. kekakuan (ketidakelastisan) penawaran bahan makanan.

 

Rumus Menghitung IHK

Bagi yang belum begitu paham mengenai IHK, bisa melihat perhitungannya dari cara yang dihadirkan berikut ini;

IHK = (Pn/Po)x100 Di mana,

Pn = Harga sekarang

Po = Harga pada tahun dasar

Contoh: Harga untuk jenis barang tertentu pada tahun 2017 Rp10.000,00 per unit, sedangkan harga pada tahun dasar Rp 8.000,00 per unit maka indeks harga pada tahun 2017 dapat dihitung sebagai berikut.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Gaji Karyawan yang Benar dan Tepat

IHK = (Rp 10.000 / Rp 8.000) x 100 = 125

Dari perhitungan itu berarti pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan IHK sebesar 25% dari harga dasar yaitu 125 – 100 (sebagai tahun dasar).

 

Harga sekarang
IHK = ———————–  x  100%
Harga pada tahun dasar

Contoh menghitung IHK :
Harga jenis barang tertentu pada tahun 2003 Rp. 50.000 dan harga pada tahun dasar Rp. 40.000, maka IHK tahun 2003 adalah…

50.000
IHK = ———- x 100% = 125%
40.000

Rumus untuk menghitung Laju inflasi adalah :

Rumus Menghitung Inflasi

Sedangkan untuk menghitung tingkat inflasi digunakan rumus sebagai berikut.

Inflasi = {(IHKn – IHKo)/IHKo}x 100%

Dimana, IHKn = Indeks Harga Konsumen periode ini

IHKo = Indeks Harga Konsumen periode lalu

Contoh: Pada tahun 2016, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan pada bulan Oktober mencatat inflasi 28,57. Terjadi kenaikan indeks dari 127,91 pada September 2017 menjadi 164,45% pada bulan Oktober 2017. Pada saat itu terjadi inflasi sebesar 28,57% dari bulan September 2017 sampai Oktober 2017. Bagaimana kita menghitung angka 28,57%?

Inflasi = {(164,45% – 127,91%)/127,91%}x 100% = 28,57 %

Jadi jelas bahwa angka 28,57 % tersebut dihitung dengan rumus di atas. Ingat : Inflasi selalu dinyatakan dengan % tetapi indeks tidak dinyatakan dengan %.

Laju Inflasi = IHK Periode n – IHK tahun sebelumnya

Contoh soal :
IHK bulan Agustus 2009 sebesar 115,34 dan IHK pada bulan september 2009 sebesar 125,30, maka laju inflasi bulan september adalah ….
Jawab :
Laju inflasi = 125,30 – 115,34 = 9.96%

rumus-cara-menghitung-laju-inflasi Cara Menghitung Laju Inflasi yang Biasa Digunakan

  • Pn adalah harga saat ini.
  • Po adalah harga di tahun sebelumnya.
  • IHK(n) adalah IHK pada tahun dasar.
  • IHK(n-1) adalah IHK pada tahun sebelumnya.

Cara Menghitung Laju Inflasi dengan GDP Deflator

Sebelum melakukan perhitungan nilai inflasi berdasarkan pada GDP Deflator, kita perlu tahu apa itu GPD. Dalam bahasa Indonesia, GDP adalah Produk Domestik Bruto (PDB). GDP Deflator adalah sebuah indikator yang menunjukkan tingkat perubahan harga produk dan jasa yang ada di dalam negeri. Nilai GDP Deflator diperoleh dari total jumlah produk yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di wilayah dalam negeri atau domestik yang dihitung dalam kurun waktu satu tahun, produk yang dimaksud meliputi barang dan jasa.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung NPV (NET PRESENT VALUE)

Perhitungan GDP Deflator diperoleh dengan menggunakan formula sebagai berikut.

GDP Defaltor = (GDP Nominal/GDP Riil)x100%

Misal pada tahun 2015 diperoleh data GDP Nominal $ 100.000 dan GDP Riil $ 45.000, maka GDP deflator adalah.

GDP Deflator = (100.000/45.000)x100% = 222.22

 

Inflasi sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam perhitungan ketika berinvestasi. Inflasi sendiri merupakan faktor negatif ketika berinvestasi.

Nilai Inflasi di Indonesia

Kategori Nominal (%)
Tingkat inflasi bulan terakhir: 3.88 %
Rata-rata inflasi 6 bulan terakhir: 4.03 %
Rata-rata inflasi tahun lalu (2016): 3.53 %
Rata-rata inflasi dua tahun lalu (2015): 3.35 %

Berikut grafik tingkat inflasi di Indonesia berdasarkan sumber data dari website resmi Bank Indonesia:

Nilai-Inflasi-di-Indonesia Cara Menghitung Laju Inflasi yang Biasa Digunakan

Dari informasi terkait inflasi, kita juga bisa menggunakannya dalam menentukan laba investasi dengan rumus ROI yang ada. Ini sangat bermanfaat sebelum kita membeli produk investasi yang dikatakan sangat menjanjikan.


Kata kunci pencarian :, laju inflasi, rumus laju inflasi, Menghitung laju inflasi, cara menghitung inflasi, cara menghitung laju inflasi, menghitung inflasi, contoh soal laju inflasi, https://panduancara com/cara-menghitung-laju-inflasi/, rumus inflasi, laju in,
Cara Menghitung Laju Inflasi yang Biasa Digunakan | adminpc | 4.5
Loading...
loading...