Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Tuesday, March 6th, 2018 - Statistik, Umum
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Rumus Cara dan Metode penghitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami perubahan mulai tahun 2010, baik perubahan dari dimensi/indikator yang digunakan, maupun perubahan pada metode penghitungan agregasi indeks komposit. Khusus pada artikel ini, akan dibahas mengenai metode agregasi indeks komposit IPM.

IPM merupakan singkatan dari Indeks Pembangunan Manusia, Dalam penjelasan dari sumber BPS Papua dijelaskan bahwa;

  • Salah satu alat ukur yang dianggap dapat merefleksikan status pembangunan manusia adalah Human Development Index (HDI) atau disebut pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
  • IPM merupakan suatu indeks komposit yang mencakup tiga bidang pembangunan manusia yang dianggap sangat mendasar yaitu usia hidup (longetivity), pengetahuan (knowledge), dan standar hidup layak (decent living).
  • Konsep Pembangunan Manusia yang dikembangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menetapkan peringkat kinerja pembangunan manusia pada skala 0,0 – 100,0 dengan kategori sebagai berikut :

    – Tinggi : IPM lebih dari 80,0

– Menengah Atas : IPM antara 66,0 – 79,9

– Menengah Bawah : IPM antara 50,0 – 65,9

– Rendah : IPM kurang dari 50,0

Sumber Data :

Sumber data penghitungan komponen IPM berasal dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) yang dilakukan BPS setiap tahun yang mencakup seluruh Provinsi di Indonesia.

standart-nilai-ipm-2 Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Sebelum tahun 2010, Cara menghitung IPM metode agregasi indeks komposit IPM menggunakan rata-rata hitung (aritmatik), sedangkan setelah itu metode agregasi yang digunakan adalah rata-rata ukur (geometrik). Rumus agregasi indeks menggunakan rata-rata ukur adalah

Rumus-Agregasi-Indeks-Rata-Ukur-Metode-Penghitungan-IPM Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Perubahan metode penghitungan dari rata-rata hitung menjadi rata-rata ukur adalah karena rata-rata hitung tidak respon terhadap adanya ketimpangan capaian pembangunan. Jika terdapat satu indikator yang rendah, maka indikator tersebut tertutupi oleh indikator yang lain yang memiliki nilai yang tinggi.

indeks-pembangunan-manusia-pak-tegauh-yuwono-1-638 Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Sebaliknya rata-rata ukur lebih responsif dengan adanya ketimpangan capaian pembangunan, dimana jika terdapat satu indikator yang rendah, maka indikator tersebut tidak akan tertutupi oleh indikator yang lain yang memiliki nilai yang tinggi. Adanya ketimpangan akan menyebabkan nilai IPM-nya menjadi lebih rendah.

Coba perhatikan penghitungan rata-rata hitung dan rata-rata ukur melalui simulasi berikut ini.

Tabel-Simulasi-Penghitungan-Rata-rata-Hitung-dan-Rata-rata-Ukur Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

Dari hasil penghitungan tersebut terlihat kelemahan dari rata-rata aritmatik, dimana rata-rata aritmatik tidak mampu melihat adanya ketimpangan capain dimensi pembangunan manusia. Ada atau tidak adanya ketimpangan, nilai IPM tetap sama. Sebaliknya rata-rata geometrik lebih peka terhadap adanya ketimpangan capaian dimensi pembangunan manusia. Semakin timpang capaian pembangunan maka semakin rendah rata-rata IPM-nya.

indeks_pembangunan_manusia Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia)


Kata kunci pencarian :, komposit ipm, cara menghitung indeks pembangunan manusia, contoh soal ipm, pengertian indeks komposit ipm, metode yang digunakan untuk menghitung indeks pembangunan manusia, metode perhitungan index pembangunan manusia, menghitung HDI baru geometrik, indeks komposit, gambar makanan lokal ende, contoh soal rumus mencari ipm,
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Jangka Sorong
Cara Menghitung Indeks Komposit IPM (Indeks Pembangunan Manusia) | adminpc | 4.5
Loading...
loading...