Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Saturday, December 2nd, 2017 - Kesehatan
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus brocha, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung Indeks Massa Tubuh atau yang juga disebut IMT. Sebagian orang mungkin tidak mengetahui apa yang dimaksud Indeks Mass Tubuh itu sendiri. Bila diartikan ke bahasa Inggris sendiri IMT ini juga bisa disebut dengan nama BMI atau Body Mess Index.

Hasil perhitungan dari IMT ini sendiri berguna untuk mengetahui berat badan ideal seseorang, apakah sudah sesuai atau belum. Dibandingkan menggunakan rumus perhitungan berat badan ideal dari brocha, pengukuran IMT ini bisa dibilang tampak lebih baik.

Perhitungan penggunaan IMT ini sebenarnya cukup mudah, tinggal menggunakan rumus yang sudah disediakan.

cara-menghitung-Indeks-Massa-Tubuh-1 Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Rumus Indeks Massa Tubuh

Dalam mengukur indeks masa tubuh seseorang dibutuhkan berapa ukuran berat badan serta tinggi badan yang akan dihitung hasilnya kemudian.

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

rumus-indeks-massa-tubuh Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Batas Ambang IMT Indonesia (Depkes, 2003)

Gender Kategori IMT (Kg/m2)
Kurus Normal Kegemukan
Tingkat ringan Tingkat berat
Pria 2 18 – 25 kg/m2 >25 – 27 kg/m2 >27 kg/m2
Wanita 2 17 – 23 kg/m2 >23 – 27 kg/m2

Keterangan :

  1. IMT < 17,0: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat berat atau Kurang Energi Kronis (KEK) berat.
  2. IMT 17,0 – 18,4: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat ringan atau KEK ringan.
  3. IMT 18,5 – 25,0: keadaan orang tersebut termasuk kategori normal.
  4. IMT 25,1 – 27,0: keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat ringan.
  5. IMT > 27,0: keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat berat  (Direktorat Gizi Masyarakat RI, 2000)
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator

 

Dari tabel itu diperlihatkan nilai IMT untuk melihat tingkat berat badan seseorang itu sudah ideal atau belum Dari angka 18.5 hingga 24.9 merupakan angka berat badan ideal seseorang. Jika angka menunjukkan angka di bawah 18.5 berarti seseorang dianggap kurang bergizi dan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih banyak. Sedangkan untuk seseorang yang memiliki angka lebih dari 24,9, maka orang itu dianggap memiliki berat badan yang berlebih dan dianjurkan untuk segera melakukan olah raga untuk mengurangi berat badan itu.

Contoh Perhitungan Berat Badan Ideal dengan IMT

Misalkan ada seorang pria dengan tinggi 165 cm memiliki berat badan 73 kg. Apabila kita ingin menghitung IMT orang tersebut, maka berikut ini adalah proses penghitungannya.

Berat Badan = 67 kg;

Tinggi Badan = 165 cm = 1,65 m;

IMT = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) = 67 / (1,65 x 1,65)

IMT = 24,6

Dari perhitungan itu terlihat seseorang memiliki angka IMT yang ideal, berarti orang tersebut memiliki berat badan yang ideal karena nilai IMT nya berada di antara 18,5 dan 24,9.

Bagi orang Asia, IMT 27 atau lebih tinggi sudah termasuk obesitas. Padahal, kategori obesitas secara umum berada pada kisaran IMT lebih dari 30.

Terlepas dari segala kekurangannya, perhitungan IMT baik diketahui terutama sebagai pengingat seseorang akan pemeliharaan berat badan yang sehat. Dengan memiliki berat badan yang normal, keuntungan berikut bisa didapatkan.

  • Berat badan yang normal memungkinkan seseorang dapat melakukan aktivitas lebih banyak.
  • Berat badan ideal juga meminimalkan seseorang dari risiko terkena nyeri sendi dan nyeri otot.
  • Orang yang memiliki berat badan normal memiliki pola tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.
  • Kinerja jantung akan lebih ringan bagi seseorang dengan berat badan normal.
  • Peredaran darah dan metabolisme juga akan lebih baik jika seseorang memiliki berat badan yang ideal.
  • Berat badan normal juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker tertentu.
  • Mengurangi berat badan secara tidak langsung juga mengurangi kolesterol, trigliserida, glukosa darah, dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.
Rumus Cara Lain:   Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Medis

Kata kunci pencarian :, pengertian IMT, cara menghitung IMT, cara meghitung infeks masa tubuh, rumus imb dan imt biologi, pengertian imt dan cara menghitungnya, menghitung IMB dan IMT, index massa tubuh, imt 18 25 termasuk kategori, contoh soal menghitung imt, cara mudah menghitung IMT,
Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) | adminpc | 4.5
Loading...
loading...