Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Sunday, November 12th, 2017 - Umum
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan merupakan salah satu hal yang paling berharga, namun banyak yang tidak mengindahkannya dan baru menyadarinya baru ketika mereka sakit. Tidak seperti kebanyakan masyarakat pedesaan, masyarakat di perkotaan bila sakit akan berobat ke dokter agar penyakitnya cepat sembuh, namun tidak banyak yang mengetahui cara menghitung dosis obat dengan benar dan cepat, membuatnya bisa salah mengkonsumsi obat dalam dosis yang tidak tepat. Karena itu kali ini pada panduan cara kita akan membahas hal tersebut.

Bila kita sakit dan harus berobat ke dokter, biasanya kita akan mendapatkan hal lebih lanjut yaitu resep obat yang harus diminum sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan oleh dokter.

Penggunaan obat sendiri ada bermacam-macam, mulai dari obat tablet, kapsul, syrup ataupun serbuk yang juga berbeda-beda cara perhitungan dosisnya.

Cara-Menghitung-Dosis-Obat-Sirup Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Jenis Obat Berdasarkan Bentuk dan Cara Konsumsi

  • Obat Pil atau Tablet
  • Obat Sirup
  • Obat Serbuk
  • Obat Menggunakan Alat (Syringe Pump atau Infus)

Cara Menghitung Dosis Obat Tablet atau Pil

Jenis obat ada bermacam-macam, salah satunya adalah obat tablet, pil atau kaplet. Obat ini merupakan bubuk yang dipadatkan yang terdiri dari satu atau lebih jenis obat dalam bentuk lonjong, bulat atau lempengan yang diberikan hanya melalui oral (mulut) dan sublingual (bawah lidah). Cara mengkonsumnya adalah langsung ditelan tanpa harus dikunyah.

Rumus yang sering digunakan dalam menghitung dosis obat kaplet atau pil atau tablet cukup mudah yaitu

Cara-Menghitung-Dosis-Obat-Tablet Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Sediaan obat adalah jumlah total kandungan dalam satu tablet, pil, kaplet, vial, atau ampul.

Contoh:
Dokter meminta memberikan paracetamol tablet 250 mg, satu kaplet obat memiliki sediaan 500mg.

Jawab:
250 mg / 500 mg = 1/2 tablet

Kalau untuk menghitung dosis obat tablet bagi bagi anak-anak, remaja atau dewasa mungkin gampang, tapi kadang agak sedikit susah jika kita akan menghitung dosis obat tablet pada bayi.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Skala Peta

Contoh:
Dokter meminta memberikan order resep “luminal tablet 5 mg, 3 dd 1 pulvus no. X.
Jawab:
Dalam hal ini dokter ingin agar kita membagi satu obat tablet luminal 5 mg menjadi sepuluh bagian. order sederhana dari resep diatas adalah luminal tablet 0,5 mg, sedangkan sediaan obat adalah 5 mg.

Kita dapat menhitung dosis obat tablet diatas dengan menggunakan rumus:
order dokter/ sediaan obat
5 mg/10 = 0,5 mg

Nah bila kita sudah menghitung dosis obatnya namun kita belum dapat menghitung seberapa banyak yang harus kita berikan untuk itu perlu kita mengubah rumus diatas sedikit, yaitu menjadi:

Cara-Menghitung-Dosis-Obat-1a Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Berat obat adalah bobot obat per satu kaplet/pil/ kapsul dalam satuan berat (mg (miligram) atau g (gram)) tanpa mempertimbangkan jumlah sediaan obat.

Jumlah/ Banyak sediaan adalah banyaknya sediaan obat yang diminta oleh dokter.

Pertama kita harus menimbang berat satu pil tersebut, misal berat obat luminal 5 mg adalah 1 g.

Berat obat / jumlah sediaan obat

1 g/ 10 = 0,1 g atau 100 mg.

Dengan demikian 100 mg luminal tablet mengandung sediaan 0,5 mg luminal.

Menghitung Dosis Obat Sirup

Selanjutnya setelah kita mengetahui bagaimana cara menghitung dosis obat tablet, kita juga perlu menghitung dosis obat sirup karena tidak menutup kemungkinan bila kita sakit, obat yang kita dapat dalam bentuk sirup. Berikut rumus cara menghitungnya;

Cara-Menghitung-Dosis-Obat-2 Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Contoh soal

Soal 1

Dokter membuat resep yaitu sanmol sirup 150 mg prn. Sediaan obat sanmol sirup ialah 300 mg tiap 5 ml. Berapakah dosis yang akan diberikan ?

Diketahui             : Order dokter 150 mg

: Sediaan obat 300 mg

: Pelarut 5 ml

Ditanya                 : Berapa ml yang akan diberikan ?

Jawab :

150 / 300 x 5 = 2,5 ml

Jadi dosis yang diberikan ialah 2,5 ml yang mengandung 150 mg sanmol forte

Rumus Cara Lain:   Cara Mengusir Tikus Rumah Secara Permanen

Soal 2

Metronidazole injeksi 3dd x 250 mg sediaan obat metronidazole injeksi pada setiap 100 ml ialah 500 mg. Berapakah dosis yang akan diberikan ?

Diketahui             : Order dokter 250 mg

: Sediaan obat 500 mg

: Pelarut 100 ml

Ditanya                 : Berapa ml yang akan diberikan ?

Jawab :

250/500 x 100 = 50 ml

Jadi setiap 50 ml mengandung metronidazole 250 mg

 

Menghitung Dosis Obat Serbuk

Obat serbuk ialah satu atau kumpulan berbagai macam obat yang diproses dalam bentuk bubuk/serbuk yang hanya diberikan melalui intravena dan harus dilarutkan dengan air. Adapun beberapa contoh obat serbuk ini yaitu antibiotik seperti cefotaxim, cefriaxone dan lain-lain. Untuk menghitung dosis obat serbuk diperlukan kreatifitas dalam menentukan pelarutnya, walaupun pada umumnya obat serbuk ini dilarutkan dengan 10 cc aquabides. Obat jenis serbuk ini merupakan jenis obat yang paling jarang digunakan oleh masyarakat.

Dalam perhitungannya sendiri dosis obat serbuk kurang lebih sama saja dengan cara menghitung obat sirup hanya saja kita memiliki kebebasan dalam menentukan jumlah pelarut tetapi perlu diperhatikan untuk menentukan pelarut jangan terlalu sedikit karena akan terlalu pekat, maka saat diberikan akan terlalu sakit.

Contoh soal

Dokter meresepkan Cefotaxim injeksi 3 dd 330 mg intravena dengan sediaan obat 1000 mg cefotaxim. Berapakah yang harus diberikan ?

Diketahui             : Order dokter 330 mg

: Sediaan obat 1000 mg

: Pelarut 10 cc

Jawab :

330/1000 x 10 = 3,3 cc

Dalam jumlah 3,3 cc akan sulit kita berikan untuk pasien maka jumlah perlaru kita ubah menjadi 9 cc agar mempermudah pemberian obat, yaitu

330/1000 x 9 = 3 cc

Cara Menghitung Dosis Obat Menggunakan Alat

Terakhir adalah obat yang penggunaannya menggunakan alat. Obat ini biasanya dibutuhkan untuk diberikan melalui intravena dalam jangka waktu yang lama sehingga menyesuaikannya dengan menggunakan alat baik syringe pump maupun infuse pump. Adapun beberapa obat tersebut yaitu heparin (inviclot), dobutamin, dopamin, lasix (furosmide), cordaron (amiodaron), dan lain-lain.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Weton Kelahiran Yang Benar

Rumus menghitung dosis obat yang menggunakan alat

Cara-Menghitung-Dosis-Obat-3 Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar

Contoh

Dokter meresepkan 1000 IU/jam, sediaan obat setiap 1 ml heparin ialah 5000 IU. Jumlah pelarut ialah 100 cc.

Jawab :

1000 IU/60 menit x 60 mgtt/cc x 100 cc/5000 IU

16.66 x 60 x 0,02 = 20 cc/jam

 

Catatan;

  • Dalam menghitung dosis obat yang akan diberikan menggunakan alat, perlu diperhatikan kesamaan satuan dosis yang digunakan dengan sediaan obat. Misal: Order dokter 0,05 mikrogram tetapi sediaan obat ialah 200 mg. Maka kita harus mengubah 200 mg menjadi 200.000 mcg
  • Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menghitung obat adalah waktu pemberian. Misalnya: Dobutamin 0,1 mcg/kg BB/jam, maka kita harus mengubah jam 60 menit. Namun Jika order dokter 0,01 /kg BB/ menit, maka menit adalah 1 menit.

 

Contoh

Dokter meresepkan dobutamin 0,1 mcg/kg BB/menit, sediaan dopamin ialah 200 mg. Sedangkan berat badan pasien yaitu 60 kg. Dilarutkan dalam 50 cc

Jawab :

0,1 mcg/1 menit x 60 mgtt/cc x 60 kg x 50 cc/200.000 mcg

6 x 60 x 0,00025 = 0,09 ml

Itulah cara menghitung dosis obat berdasarkan pada berbagai bentuk dan cara konsumsinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang kebingungan bagaimana menentukan dosis konsumsi obat yang ditentukan.


Kata kunci pencarian :, cara menghitung dosis obat sirup, contoh soal perhitungan dosis obat injeksi, contoh soal perhitungan dosis obat, menghitung dosis obat, rumus menghitung dosis obat, cara menghitung dosis tablet, rumus menghitung dosis obat injeksi, contoh soal menghitung dosia obat, contoh soal menghitung dosis obat, rumus dosis obat,
Cara Menghitung Dosis Obat Cepat dan Benar | adminpc | 4.5
Loading...
loading...