Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Friday, November 24th, 2017 - Kesehatan
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Sebagian orang mungkin tidak memikirkan akan berat badan, namun lebih banyak lagi yang memikirkan berat badan ideal. Tidak heran bila banyak orang yang melakukan berbagai cara mulai dari diet, olahraga, fitnes hingga minum obat untuk mendapatkan berat yang ideal. Tapi apakah berat badan yang diharapkan seseorang itu sudah sesuai dengan berat badan ideal berdasarkan perhitungan? Untuk itu kali ini kami membahas mengenai cara menghitung berat badan ideal bagi pria dan wanita.

Kadang juga ada juga orang yang menginginkan memiliki berat badan di bawah ukuran normal. Hal itu tentu saja secara langsung berhubungan dengan kesehatan dan tentu tidak baik. Memiliki berat badan yang kurus atau ringan dan berat atau gemuk, keduanya tidak disarankan dan tidak baik untuk kesehatan.

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas dilihat dari sisi kesehatan meningkatkan resiko terkenanya penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu. Sedangkan untuk yang kurus atau terlalu ringan bisa saja membuatnya terkena kurang gizi.

Perlu juga diketahui untuk menentukan berat badan tersebut ada rumus yang bisa digunakan. Misalnya rumus yang sering dijadikan acuan yaitu rumus BMI (body mess index) dan Brocha. Kedua rumus tersebut sudah sangat umum dijadikan alat hitung badan ideal.

Cara-Menghitung-Berat-Badan-Ideal-Timbang Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal setiap orang itu berbeda-beda, karena itu jangan membandingkan berat badan Anda dengan berat badan milik teman, saudara, keluarga atau orang lain lainnya.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator

Untuk mengetahui berat badan ideal seseorang, terdapat juga hubungannya dengan tinggi badan yang dimiliki. Karena itulah sebelum mencari berapa berat badan ideal seseorang patut juga dicari terlebih dahulu berapa tinggi badannya.

Menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Brocha

Untuk mengetahui berat badan yang dimiliki sudah normal atau tidak, cukup dengan menghitungnya dengan rumus:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Dari rumus itu diketahui bahwa bila seseorang memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badan 60 kg bisa dikatakan normal. Akan tetapi berbeda lagi bila ingin mendapatkan data berat badan ideal.

Dalam mencari berat badan ideal, dibedakan antara wanita dan pria. Pembedaan ini dikarenakan komposisi tubuh pria dan wanita yang juga berbeda. Pada tubuh pria memiliki masa otot yang lebih dibandingkan tubuh wanita, sedangkan pada wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak.

Pada perhitungan mencari berat badan ideal, bisa menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini.

Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Dari rumus diatas, bisa diketahui berat badan ideal seseorang.

Contoh, seorang wanita dengan tinggi badan sebesar 158 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 58-8,7 = 49,3 cm.

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Denyut Nadi Yang Benar

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Selain menggunakan rumus brocha, cara menghitung berat badan ideal juga bisa menggunakan rumus BMI (Body Mess Index). Rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh) sering kali menjadi acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menjadi berat badan ideal orang tersebut. Berikut ini rumusnya:

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Contoh: Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Cara-Menghitung-Berat-Badan-Ideal-Tabel-BMI Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Tapi tidak mau repot maka bisa menggunakan kalkulator BMI online dibawah ini:

Kalkulator BMI Online

Berat Badan kg
Tinggi cm
Standar Pengukuran

Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut.

Tabel Standar BMI Untuk Pria dan Wanita

Cara-Menghitung-Berat-Badan-Ideal-Tabel-Berat-Ideal-Pria-dan-Wanita Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Berikut ini nilai yang ditetapkan:

Standar BMI Untuk Wanita

Nilai BMI Kategori
BMI < 18 Under Weight/Kurus – Sebaiknya mulai menambah berat badan dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
BMI 18 – 25 Normal Weight/Normal – Bagus, berat badan anda termasuk kategori ideal
BMI 25 – 27 Over Weight/Kegemukan – anda sudah masuk kategori gemuk. sebaiknya hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan olahraga seminggu minimal 2 kali
BMI > 27 Obesitas – Sebaiknya segera membuat program menurunkan berat badan karena anda termasuk kategori obesitas/ terlalu gemuk dan tidak baik bagi kesehatan
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Standar BMI Untuk Pria

Nilai BMI Kategori
BMI < 17 Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23 Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal
BMI 23 – 27 Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27 Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunan berat badan agar lebih ideal.

 

Kedua rumus di atas sering kali menjadi acuan dalam menghitung berat badan ideal seseorang. Mengetahui berat badan ini bisa menjadi salah satu acuan dalam menjaga kesehatan, karena seperti yang telah diketahui, memiliki berat badan berlebih atau kurang tidak baik bagi kesehatan.

Dalam mendapatkan berat badan ideal, bukan berarti seseorang harus melakukan diet yang ketat. Kunci mendapatkannya ada pada keseimbangan antara energi yang masuk dan keluar tubuh. Bila ingin menurunkan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal, berarti energi keluar dari tubuh harus lebih besar dari pada energi masuk, dan begitu pula sebaliknya bila menginginkan naiknya berat badan.

Itulah informasi yang dapat disampaikan oleh panduan cara kali ini terkait cara menghitung berat badan ideal, semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat.


Kata kunci pencarian :, menghitung berat badan ideal contoh soal, tinggi badan 167 berat badan ideal berapa, imt kiris dengan tinggi 167 cm, soal bb ideal, berat badan idel tinggi 167cm, tabel standart Normal berat badan pria, berat badan ideal tinggi 167, berat badan ideal pria tinggi 167, tinggi 167 berat 58, Tinggi 167,
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita | adminpc | 4.5
Loading...
loading...