Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Monday, November 6th, 2017 - Umum
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Bagi para pengemudi yang melakukan perjalanan di jalan, selain STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) hal wajib lain yang harus dibawa adalah SIM (Surat Izin Mengemudi). Seperti namanya, SIM ini menunjukkan bahwa kita sudah layak dan diperbolehkan mengendarai kendaraan sesuai yang ditentukan SIM di jalan umum. Bagi pengendara yang kedapatan berkendara tanpa memiliki SIM akan mendapatkan surat tilang dari polisi, dengan ketentuan pelanggaran;

  • Setiap pengendara yang tidak memiliki SIM akan dikenakan pidana dengan kurungan penjara paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).
  • Setiap pengendara yang memiliki SIM tetapi  tidak bisa menunjukkannya kepada polisi akan terkena hukuman pidana dengan kurungan penjara paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

Membuat SIM sendiri banyak dikatakan orang sulit karena tes dan waktu yang dibutuhkan. Namun bila sudah memiliki SIM, kita tidak perlu lagi melakukan ujian, hanya butuh melakukan pengisian data dan membayar sesuai prosedur yang ditetapkan. Namun patut dicatat karena bila kita terlambat melakukan perpanjangan SIM walau hanya sehari, maka perlu untuk membuat SIM baru.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya “Berlaku mulai 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.”

Sebelumnya peraturan perpanjangan SIM yang aktifnya telah habis masih bisa melakukan perpanjangan dengan syarat tidak lewat dari 3 bulan dari masa berlaku SIM. Peraturannya memang 3 bulan, namun kenyataannya masyarakat yang memiliki SIM dengan masa aktif lewat walau hanya 1 hari saja harus melakukan prosedur pembuatan SIM baru. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus memperhatikan masa aktif SIM kamu dan kapan kamu harus perpanjang.

Di kesempatan kali ini akan membahas cara perpanjangan SIM beserta informasi mengenai prosedur, syarat dan biaya yang perlu dipersiapkan selama perpanjang SIM, baik itu SIM A (mobil) maupun SIM C (motor).

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Weton Kelahiran Yang Benar

Tidak semua SIM bisa diperpanjang di layanan SIM keliling dan harus dilakukan di kantor Samsat. Perpanjangan SIM yang bisa dilakukan hanya terbatas untuk pengguna yang memiliki kendaraan bermotor (C) dan juga SIM mobil (A), sedangkan untuk pengguna SIM jenis lainnya harus dilakukan secara langsung di kantor Samsat.

Proses perpanjangan SIM keliling bisa dilakukan ketika masa berlaku SIM habis, masyarakat diberikan waktu dari masa waktu habis sebanyak 14 hari.

Cara-memperjang-SIM-online-di-Jakarta Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Syarat Perpanjangan SIM

Dalam memperpanjang SIM, ada beberapa hal yang perlu untuk dibawa:

  • KTP asli serta fotokopi KTP.
  • SIM asli yang ingin diperpanjang.
  • Jika perlu kamu bisa membawa pulpen.
  • Uang, jumlah biaya yang perlu dibayar akan tertera di subjudul biaya.
  • Masa aktif SIM tidak boleh melewati masa 3 bulan expired.

Prosedur Perpanjangan SIM

  1. Dalam membuat SIM baru ataupun hanya memperpanjang SIM, lebih baik dilakukan saat jam kerja, karena pada weekdays biasanya lebih sepi dari hari libur. Ini berarti bila melakukan perpanjangan di hari Sabtu, akan lebih banyak antrian.
  2. Waktu berangkat melakukan pembuatan SIM juga perlu diperhitungkan, lebih baik di pagi hari dengan loket formulir akan buka pada jam 08.00 pada saat itu juga akan banyak orang yang sudah mengantri.
  3. Loket pertama yang akan kamu kunjungi adalah ruang kesehatan, tanyakan kepada petugas dimana kamu dapat melakukan test kesehatan. Test kesehatan berupa test buta warna dan cek tekanan darah.
  4. Setelah melakukan test kesehatan, kamu harus menuju ke ruangan informasi dan pendaftaran pemohon SIM. Disini kamu harus memberikan hasil test kesehatan, KTP fotocopy dan SIM asli yang ingin diperpanjang. Biasanya kamu akan diberikan map putih yang berisi formulir biru dan kartu Asuransi.
  5. Masuk ke loket pendaftaran, kamu akan diberikan formulir pengajuan perpanjangan SIM.
  6. Selanjutnya masuk ke ruangan foto, pada tahapan ini, proses foto ini dilakukan secara berbarengan sekitar 3-5 orang sekaligus. Selain difoto, tahap ini juga melakukan save sidik jari dan tanda tangan.
  7. Dan tahap terakhir adalah menunggu pengambilan SIM, setelah menjalani sesi foto maka kamu akan diarahkan untuk duduk di ruang tunggu untuk menunggu selesainya pencetakan SIM.
Rumus Cara Lain:   Cara Cek Mobil Baru Saat Serah Terima atau Delivery

Biaya Perpanjangan SIM

biaya-perpanjangan-sim Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Menurut peraturan yang berlaku, perpanjangan SIM sendiri memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan melakukan pembuatan SIM baru. Berikut ini adalah biaya yang perlu kamu bayar :

Jenis SIM Biaya
SIM A Rp80.000
SIM Internasional Rp225.000
SIM B1 Rp80.000
SIM D Rp30.000
SIM D1 Rp30.000
SIM B2 Rp80.000
SIM C Rp75.000
SIM C1 Rp75.000
SIM C2 Rp75.000

 

Terdapat Biaya Tambahan Asuransi Rp 30.000,-

Untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat, kepolisian memberikan berbagai kemudahan dalam memperpanjang SIM, seperti layanan SIM keliling dan SIM Online.

SIM Keliling dan SIM Online hanya digunakan untuk memperpanjang SIM saja, tidak untuk melayani pembuatan SIM baru.

Pada SIM Keliling, perpanjangan SIM hanya berlaku untuk SIM motor (C) dan juga SIM mobil (A), sedangkan untuk SIM lainnya harus dilakukan secara langsung di kantor Samsat. SIM yang bisa diproses masa perpanjangannya di layanan SIM keliling adalah SIM dengan masa berlaku yang telah habis maksimal selama 3 bulan saja, sedangkan untuk masa berlaku melewati tanggal itu harus diperpanjang dilakukan secara langsung ke kantor Samsat. Dengan proses perpanjangan di layanan SIM keliling bisa dilakukan sebelum masa berlaku SIM habis atau pada masa tenggang.

Prosedur Perpanjangan SIM Online

Pertama kamu harus mengunjungiwebsite resmi perpanjangan SIM online di http://sim.korlantas.polri.go.id, lalu memilih tab pendaftaran SIM online.

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-1 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Memilih menu pendaftaran SIM online maka kamu akan menuju halaman informasi pendaftaran. Selanjutnya memilih tab Data Permohonan. Selanjutnya pada tab ini ada form yang perlu diisi, diantaranya; jenis pemohon, golongan SIM,  nomor SIM, alamat email, polda kedatangan, satpas kedatangan, lokasi kedatangan. Jika kamu ingin memperpanjang SIM silakan ubah form “jenis pemohon” menjadi perpanjang SIM.

Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Pajak Mobil dan Motor

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-3 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Setelah selesai mengisi Data Permohonan, kita lanjut ke tab selanjutnya, Data Pribadi yang mengisi data lebih banyak lagi, diantaranya; Kewarganegaraan, NIK/ no mor KTP, nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, golongan darah, alamat, provinsi, agama, tinggi badan, pendidikan, pekerjaan, berkacamata, cacat fisik, telepon dan asal negara.

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-4 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Berikutnya kamu akan masuk ke halaman data keadaan darurat, disini hanya perlu memasukkan referensi orang yang dekat.

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-5 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Selanjutnya pada halaman konfirmasi data, kita hanya perlu mengecek apakah data yang kamu masukan sebelumnya sudah benar atau belum, pilih tanggal kedatangan yang diinginkan untuk melakukan pengambilan SIM lalu ketik kode verifikasi yang telah disediakan. Pada tahapan ini kita juga tahu berapa jumlah biaya yang harus kita bayarkan.

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-6 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Dan terakhir adalah konfirmasi data yang telah diisi sebelumnya untuk melakukan pengecekan apakah data yang telah kita isikan sudah benar atau belum.

Cara-Perpanjangan-SIM-Online-7 Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya

Itulah tata cara dan prosedur perpanjangan SIM, baik secara manual langsung datang ke Satpas ataupun menggunakan layanan SIM Online. Semoga informasi ini bermanfaat.


Kata kunci pencarian :, contoh soal pengajuan perpanjangan sim A, cara mengisi formulir perpanjangan sim c, apakah data sim online masuk walau tidak ada email konfirmasi masuk, formolir perpanjangan sim c, formulir pengisian perpanjang sim, formulir perpanjang/sim/yang/harus/di/isi, formulir perpanjangan sim, formulir perpanjangan sim c, gambar pengikat anjing sampai kebadan anjing, Golongan darah dalam perpanjang sim,
Cara Memperpanjang SIM serta Syarat, Prosedur dan Biaya | adminpc | 4.5
Loading...
loading...