Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

Tuesday, December 19th, 2017 - Matematika
Selamat datang di situs tutorial dan panduan cara apapun. Akan dibahas dan diulas secara lengkap dan jelas cara apapun dan pengertian termasuk rumus contoh dan penyelesaian soal serta studi kasus Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

Pada pembahasan kali ini di panduan cara kita akan membahas satu hal yang bisa dibilang tidak begitu banyak diperhatikan orang, namun bisa juga membantu pada bidang pertukangan, yaitu cara membaca mikrometer sekrup yang benar.

Sebelum berbicara lebih lanjut kita terlebih dahulu perlu tahu apa itu mikrometer sekrup? Dalam pengertiannya, Mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, diameter, atau ketebalan suatu benda. Tingkat presisi (keakuratan) alat ini sangat tinggi, yakni mencapai 0,01 mm atau 10 kali lebih teliti dibandingkan jangka sorong yang hanya mencapai 0,1 mm. Tingkat presisi yang tinggi ini membuat mikrometer sekrup kerap digunakan untuk mengukur benda berukuran kecil.

Skala pada mikrometer dibagi dua jenis :

  1. Skala Utama

Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian atas. Dan nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang berada dibagian bawah.

  1. Skala Putar atau skala nonius

Terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut dapat diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup diciptakan pertama kali oleh William Gascoigne pada sekitar abad ke-17. Penciptaan mikrometer sekrup dilatarbelakangi oleh kurang telitinya jangka sorong dalam mengukur benda-benda berukuran kecil. Pengembangan prinsip kerja jangka sorong tersebut menghasilkan alat ukur baru dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01 mm. Alat ukur tersebut dinamai mikrometer sekrup karena dapat mengukur ketebalan atau panjang benda dalam satuan mikrometer dan menggunakan prinsip kerja sekrup (screw) dalam pembacaan skalanya.

  1. Yang pertama silahkan letakkan mikrometer sekrup satu arah sehingga bisa dilihat dengan jelas.
  2. Baca skala utama dari mikrometer sekrup tersebut, dibagian atas garis menunjukkan angka bulat mm seperti 1 mm dan seterusnya, sedangkan pada garis skala bawah menunjukkan bilangan 0.5 mm.
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Debit Air

cara-membaca-mikrometer-sekrup-1 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

Dari gambar diatas, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukan 0,5 mm, Jumlahkan kedua hasil diatas maka skala utama pada mikrometer diatas menunjukan angka 5,5 mm.

  1. Selanjutnya baca skala nonius atau skala putarnya yaitu garis yang berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Pada gambar di atas, skala nonius menunjukan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm.
  2. Kemudian jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius misalnya 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Setelah kita tahu cara membaca mikrometer sekrup, kita perlu tahu cara menggunakannya juga.

cara-membaca-mikrometer-sekrup-2 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

Ada 7 bagian mikrometer sekrup yang perlu Anda ketahui. Sesuai gambar di atas, bagian-bagian tersebut antara lain:

  1. Poros Tetap. Terletak di ujung lengkung frame dan tidak bisa bergerak.
  2. Poros Geser. Terletak di ujung lengkung frame lainnya dan bisa digerakan dengan memutar pemutarnya.
  3. Skala utama. Terletak sejajar poros geser dan menujukan skala dalam satuan mm.
  4. Skala Nonius atau Skala Putar. Terletak di samping skala utama dan memutari skala utama. Ketelitian skala nonius adalah 0,01 mm.
  5. Pemutar. Terletak di samping skala nonius dan dapat diputar untuk menggerakkan poros geser.
  6. Pengunci. Untuk mengunci poros geser agar tidak bergerak.
  7. Rachet. Tidak memiliki fungsi selain untuk membantu pergerakan poros geser. Jika poros geser bergera, rachet juga ikut bergerak.
  8. Frame. Berbentuk U sebagai rangka poros.

cara menggunakan mikrometer sekrup sebagaimana berikut:

cara-menggunakan-mikrometer-sekrup-3 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

  1. Pertama, pastikan pengunci poros geser dalam keadaan terbuka agar poros geser dapat digerakan. (Perhatikan cara memegang mikrometer sekrup seperti terlihat pada gambar di samping!)
  2. Lalu kalibrasi terlebih dahulu apakah saat poros tetap dan poros geser bertemu, kedua skala baik skala utama maupun skala putar menunjukan angkan nol.
  3. Setelah itu, putar pemutar supaya rahang poros geser bergerak mundur. Ambil benda yang hendak diukur ketebalannya dan letakan di antara poros geser dan poros tetap.
  4. Putar pemutar supaya poros geser menjepit benda.
  5. Setelah terjepit sempurna, putar pengunci agar poros gerak tidak berubah lagi. Setelah itu, kita dapat membaca skala hasil pengukuran alat ini.
Rumus Cara Lain:   Cara Menghitung Volume dan Luas Kerucut

Contoh Soal

cara-menggunakan-mikrometer-sekrup-Contoh-Soal-1 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

d= Skala utama+ Skala nonius
Skala utama= 3,5 mm
Skala nonius= 20 x 0,01=0,2 mm
d= 3,5 mm + 0,2 mm = 3,7 mm

Contoh 2
Lihat gambar dibawah ini!

cara-menggunakan-mikrometer-sekrup-Contoh-Soal-2 Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

d = Skala utama + Skala Nonius
Skala utama = 6,5 mm
Skala nonius = 9 x 0,01 =0,09 mm
d = 6,5 mm + 0,09 mm = 6,59 mm


Kata kunci pencarian :, cara membaca mikrometer sekrup, membaca Micro meter, cara membaca mikrometer, mikrometer sekrup block matematika, cara membaca micrometer, cara membaca mikro meter, membaca alat ukur, cara baca mik, contoh soal mikrometer sekrup, Rumus pembacaan mikrometer,
Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar | adminpc | 4.5
Loading...
loading...